Rabu, 17 April 2013

Empati



EMPATI (EMPATY)

Setiap orang butuh untuk diterima dan dikenal berdasarkan keunikan dan kekhususan mereka masing-masing.
Servant leader yang paling sukses adalah mereka yang telah memiliki ketrampilan menjadi pendengar yang empatik.
Pendengar yang empatik akan bekerja keras untuk memahami dan berempati kepada orang lain dengan cara meletakkan dirinya dalam posisi orang lain dan berusaha untuk memahami persepsi dan pengalaman orang lain.
Penanaman empati juga memberikan kemampuan dasar untuk memisahkan diri dan melihat dirinya dalam suatu perspektif sehubungan dengan konteks dari pengalaman seseorang.
Dengan memiliki empati, seorang pemimpin akan berusaha akan berusaha selalu melihat niat baik orang lain dan tidak menolaknya sebagai manusia, bahkan jika orang-orang tersebut memang pantas untuk ditolak karena perilaku ataupun performannya.
Sumber:
Fuad Nashori, 2009, Psikologi Kepemimpinan, Penerbit Pustaka Fahma, Yogyakarta, hal. 8.

0 komentar:

Posting Komentar