EMPATI (EMPATY)
Setiap orang butuh untuk diterima dan dikenal berdasarkan
keunikan dan kekhususan mereka masing-masing.
Servant leader yang paling sukses adalah mereka yang telah
memiliki ketrampilan menjadi pendengar yang empatik.
Pendengar yang empatik akan bekerja keras untuk memahami dan
berempati kepada orang lain dengan cara meletakkan dirinya dalam posisi orang
lain dan berusaha untuk memahami persepsi dan pengalaman orang lain.
Penanaman empati juga memberikan kemampuan dasar untuk
memisahkan diri dan melihat dirinya dalam suatu perspektif sehubungan dengan
konteks dari pengalaman seseorang.
Dengan memiliki empati, seorang pemimpin akan berusaha akan
berusaha selalu melihat niat baik orang lain dan tidak menolaknya sebagai
manusia, bahkan jika orang-orang tersebut memang pantas untuk ditolak karena
perilaku ataupun performannya.
Sumber:
Fuad Nashori, 2009, Psikologi Kepemimpinan, Penerbit Pustaka
Fahma, Yogyakarta, hal. 8.
0 komentar:
Posting Komentar