Rabu, 10 April 2013

Nilai-nilai SDM



Nilai-nilai Utama SDM

1.       Responsiveness;
Berkaitan dengan pertanyaan, “Apakah itu merupakan kebutuhan-kebutuhan dan persoalan-persoalan yang benar-benar hendak diatasi ?”;
2.       Efisiensi;
Berkaitan dengan pertanyaan, “Berapa banyakkah biaya solusi tersebut dibandingkan dengan hasil yang akan diperoleh kembali ?”;
3.       Efektivitas;
Berkaitan dengan pertanyaan, “Apakah telah dicapai apa yang telah diputuskan dan/atau ditetapkan untuk dikerjakan ?”;
4.       Keadilan sosial;
Penekanan nilai keadilan sosial dalam berbagai bentuk keputusan yang berkaitan dengan lapangan kerja di sektor publik, terutama didasarkan pada alas an-alasan:
a.       Bahwa pemerintah merupakan sector public yang pada kenyataannya merupakan sumber lapangan kerja utama;
b.      Semua orang (warga Negara) tanpa kecuali memiliki hak yang sama untuk memasuki dan menikmati lapangan kerja di sector public tersebut;
c.       Lapangan kerja di sector public/pemerintah dilihat dan/atau dirasakan sebagai yang paling aman, dan satu-satunya jalur yang tersedia bagi semua orang untuk mendapatkan akses bagi mobilitas sosial (vertical).
5.       Affirmative Action;
Nilai ini lebih merupakan manifestasi dari nilai keadilan sosial, suatu konsep abstrak mengenai keadilan organisasi yang menekankan bagaimana reward, insentif, pekerjaan, dan juga sanksi, dalam suatu lembaga (organisasi) dialokasikan secara adil dan professional berdasarkan karakteristik sosial demografis yang ada.

Sumber:
Faustino Cardoso Gomes, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Andi Offset, 2003, hal. 62-62.

0 komentar:

Posting Komentar