Nilai-nilai Utama SDM
1.
Responsiveness;
Berkaitan dengan pertanyaan, “Apakah itu
merupakan kebutuhan-kebutuhan dan persoalan-persoalan yang benar-benar hendak
diatasi ?”;
2.
Efisiensi;
Berkaitan dengan pertanyaan, “Berapa
banyakkah biaya solusi tersebut dibandingkan dengan hasil yang akan diperoleh
kembali ?”;
3.
Efektivitas;
Berkaitan dengan pertanyaan, “Apakah telah
dicapai apa yang telah diputuskan dan/atau ditetapkan untuk dikerjakan ?”;
4.
Keadilan sosial;
Penekanan nilai keadilan sosial dalam
berbagai bentuk keputusan yang berkaitan dengan lapangan kerja di sektor
publik, terutama didasarkan pada alas an-alasan:
a.
Bahwa pemerintah merupakan sector public yang
pada kenyataannya merupakan sumber lapangan kerja utama;
b.
Semua orang (warga Negara) tanpa kecuali memiliki
hak yang sama untuk memasuki dan menikmati lapangan kerja di sector public
tersebut;
c.
Lapangan kerja di sector public/pemerintah
dilihat dan/atau dirasakan sebagai yang paling aman, dan satu-satunya jalur
yang tersedia bagi semua orang untuk mendapatkan akses bagi mobilitas sosial
(vertical).
5.
Affirmative Action;
Nilai ini lebih merupakan manifestasi dari
nilai keadilan sosial, suatu konsep abstrak mengenai keadilan organisasi yang
menekankan bagaimana reward, insentif, pekerjaan, dan juga sanksi, dalam suatu
lembaga (organisasi) dialokasikan secara adil dan professional berdasarkan
karakteristik sosial demografis yang ada.
Sumber:
Faustino Cardoso Gomes, Manajemen Sumber Daya Manusia,
Penerbit Andi Offset, 2003, hal. 62-62.
0 komentar:
Posting Komentar