Senin, 24 September 2012

Hasil Penelitian Christien


Christien S. Fallo, REPRESENTASI FEMINISME DALAM FILM
SEX AND THE CITY 2”(AnalisisSemiotikaTentangFeminismePadaTokoh Charlotte)
DosenPembimbingUtama                   : AkhirulAminulloh, S.Sos, M.Si
DosenPembimbingPendamping          : EtikSulistyaningsih, S.Sos
 


ABSTRAK
Sebagaisalahsatu media komunikasi film merupakansebuah media yang sangatefektifdalammempengaruhigayahidupdancaraberpikirmasyarakatkarenakekuatandankemampuan film dalammenjangkaubanyaksegmensosial. RepresentasiFeminismedalam film “Sex And The City 2” merupakan film yang ber-settingdalamdunia fashion. Berceritamengenaikehidupanempatperempuan yang bersahabat; Carrie, Miranda, Samantha, dan Charlotte yang selalumengalamitantangandalampersahabatan, cinta, karir, danhubungansosial.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuirepresentasifeminismedalam film “Sex And The City 2”.
Metodepenelitian yang digunakanadalahkualitatifberjenisinterpretatifdenganpendekatansemiotika model Roland Barthes untukmembahaslingkupmakna yang lebihbesardenganmembedakanmaknadenotatifdankonotatifdariserangkaiantandadalam film.
Kesimpulandalampenelitianinimenunjukanbahwapadaakhirnya, ditemukanbahwa film dapatmenjadi media untukmenyampaikanpesanberuparepresentasiatasrealitasosialdarikesetaraanhakantaraperempuandanlaki-lakidalamberbagaibidang, sebagaimanusia yang sederajat yang disebutfeminisme.

Kata Kunci :Representasi, Semiotika, Feminisme, dan Film
“ Sex And The City 2”


0 komentar:

Posting Komentar