NAMA: Mualliq
NIM : 2008230024
Prodi : Ilmu Komunikasi
Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Pada Surat Kabar
Memo Arema.
Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.
Dosen Pembimbing Utama : Drs. Sugeng Rusmiwari, M.Si.
Dosen Pembimbing
Pendamping : Akhirul Aminullah,
S.Sos. M.Si.
ABSTRAK
Dunia
bisnis yang berkembang di Indonesia semakin berat dalamposisi sebagai industri
dan pengusaha dalam menghadapi pesaing industrilainnya. Akan tetapi bisa
menjadi kesempatan yang menarik bagi pengusahajika dalam memproduksi dan
mempromosikan barang, sebuah industri dapat menggunakan strategi yang tepat. Yang
melatar belakangi dalam penelitian ini adalah langkah atau strategi apa yang
dilakukan oleh memo arema sehingga memo arema masih berdiri dan berkembang
sampai sekarang dan bagaimana cara meningkatkan omsetnya.
Berdasarkan latar belakang diatas
maka yang menjadi fokus penelitian ini adalah, pertama bagaimana
strategi komuniasi pemasaran pada Surat Kabar Memo Arema dalam menigkatkan omset penjualan, dan yang
kedua adalah apa saja hambatan yang dihadapi
oleh Memo Arema.
Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi.penelitian
ini dilakukan bertahap dengan menggunakan langkah-langkah editing, classifying,
dan verifying.
Strategi komunikasi pemasaran yang
dilakukan oleh memo arema adalah:1. Mengadakan event 2.menerima jasa iklan 3.
Menggunakan jejaring social sepeti facebook dan twitter. Hambatannya dalam
mengadakan event masih ada kendalanya yaitu masalah minimnya anggaran dananya,
harga iklan relative murah, akun feceb oo dan twitter masih belum banyak yang
mengunjungi.
Setelah melalui tahap pengumpulan
dan analisis data temuan penelitian dapat
disimpulkan sebagai berikut: Penerapan strategi komunikasi pemasaran pada Memo
Arema belum
seluruhnya dilaksanakan. Ini dikarenakan dalam proses pemasarannya masih
menggunakan saluran distribusi sederhana. Dalam penerapan komuniasi pemasaran untuk
meningkatkan omset
dapat ditemukan beberapa faktor yang membantu meningkatkan omset, yaitu aspek produk
(produk yang berkualitas tinggi), aspek tempat (tempat produksi yang
mempunyai lokasi mempermudah akses penjualan. Sedangkan untuk aspek
harga dan promosi, masih harus ada perbaikan dan peningkatan secara berkala.
Kata Kunci : Strategi komunikasi Pemasaran, Peningkatan Omset.
0 komentar:
Posting Komentar