Jumat, 21 September 2012

Siapa yang ingin berkenalan dengan iblis


Siapa yang ingin berkenalan dengan Iblis

Iblis, berasal dari kata Ablasa yang artinya membangkang atau putus asa (dari rahmat Alloh Swt). Dalam kitab al-Mu’jam al-Wasith, Iblis disebut pemimpin para Syaithan.

Dalil  1:
“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutlah kamu mengambil dia dan keterununannya sebagai pemimpin selain dari pada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu ? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang zhalim. (QS. Al – Kahfi [18]:50);
Keterangan:
Iblis termasuk golongan jin yang durhaka kepada Alloh.
Pertanyaan:
Mengapa iblis mendurhakai perintah Alloh, dengan menolak bersujud (menghormati) kepada Nabi Adam ‘alaihi wasalam.

Dalil 2:
“Maka apabila aku telah menyempurnakan kejadiannya (Adam), dan telah meniupkan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, Maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud. Maka bersujudlah Para Malaikat itu semuanya bersama-sama, kecuali iblis, ia enggan ikut bersama-sama  (malaikat) yang bersujud itu. Allah berfimran: “Hai iblis, apa sebabnya kamu tidak (ikut sujud) bersama-sama mereka yang sujud itu ?” Berkata iblis: “Aku sekali-kali tidaka akan sujud kepada manusia yang Engkau telah ciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk”. (QS. Al –Hijr [15]: 29-33)
Keterangan:
Maksudnya bersujud: bukannya untuk menyembah, melainkan sebagai penghormatan.

Dalil  3:
“Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakana kepeda Para Malaikat: “Bersujudlah kamu kepada Adam”, maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud (kepada Adam) diwaktu aku menyuruhmu ?” menjawab iblis “Saya lebih baik, dari padanya: Engkau ciptakan saya dari api sedangkan Dia Engkau ciptakan dari tanah”. (QS. Al-A’raf [7]: 11-12).
Pertanyaan:
Mengapa iblis la’natullohi ’alayh mendurhakai Alloh ? dan terjerembab ke dalam kehinaan yang kekal ?:
1.       Karena sifat ia yang takabur;
2.       Ia merasa lebih mulia dari pada Adam ‘alaihisalam;
3.       Karena wujudnya diciptakan Alloh dari api, sedangkan Adam ‘alaihisalam diciptakan-Nya dari tanah liat yang kering.
Info:
Tidak semua jin membangkang kepada Alloh Swt, diantara merekapun ada yang shalih, bertaqwa kepada Alloh, sebagaimana dikabrkan-Nya dala QS Al-Jin [72]: 11-14;
Oleh karena itu, jika disebut ‘iblis’ maka yang dimaksud adalah jin yang durhaka, membangkang terhadap perintah Allah Swt.
Sumber bacaan:
Ust. Irfan Ramadhan al-Raaqiy, Menyingkap Jin Dukun “Hitam Putih” di Indonesia, Percetakan Halim Jaya, Surabaya, 2011, hlm. 11-13.

0 komentar:

Posting Komentar