Selasa, 25 September 2012

Hasil penelitian A Maskar

POLA KEPEMIMPINAN
DI KANTOR BADAN KELUARGA BERENCANA DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (BKBPM) KOTA MALANG
Leadership Pattern in The Office of National Family Planning and
Community Empowerment (BKBPM) City Malang


ABD Maskar HR1) Sugeng Rusmiwari2) Akhirul Aminulloh3)

1)dan 2) Program Studi Ilmu Administrasi Negara
3) Kantor BKBPM Kota Malang
abdulmaskarhr@yahoo.com

ABSTRAK

Pada penelitian ini secara langsung mendeskripsikan tentang pola kepemimpinan di suatu lembaga pemerintahan yang ada di Kota Malang, dalam hal ini yakni Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kota Malang. Sesuai dengan judul penelitiannya, maka jelas penelitian ini dilaksanakan di Kantor Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kota Malang. Sehingga responden yang dipilih untuk diwawancarai pun merupakan pegawai atau petugas pemerintahan yang ada di instansi ini untuk selanjutnya memberikan keterangan (data) melalui interview atau wawancara. Penelitian yang penulis lakukan ini merupakan Jenis Penelitian Kualitatif yang lebih menekankan pada kualitas hasil penelitian dalam bentuk kalimat-kalimat pernyataan, keterangan-keterangan, dan lain-lain.
Untuk pengambilan data, penulis melakukan beberapa cara atau teknik dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan responden di tempat penelitian. Sehingga untuk memudahkan penulis, proses wawancara pun dilakukan disela-sela waktu istirahat.
Hasil penelitian yang penulis peroleh setelah melakukan pengolahan data dari berkas-berkas wawancara dengan responden, maka penulis berkesimpulan bahwa Pola kepemimpinan adalah suatu cara atau kegiatan untuk mempengaruhi perilaku orang lain atau seni mempengaruhi perilaku manusia baik perorangan maupun kelompok. Dan satu hal yang perlu digarisbawahi adalah pola kepemimpinan tidak harus dibatasi oleh aturan-aturan atau tata krama birokrasi. Kepemimpinan bisa terjadi dimana saja, asalkan seseorang menunjukkan kemampuannya mempengaruhi perilaku orang lain kearah tercapainya suatu tujuan tertentu. Beberapa pola kepemimpinan yang ditemukan antara lain : Pola Kepemimpinan Mengarahkan (directing), Pola Kepemimpinan Melatih (coaching), Pola Kepemimpinan Partisipasi (participation), dan Seorang pemimpin harus mampu untuk membuka diri pada setiap permasalahan yang dihadapi, selalu berorientasi pada pencapaian, dan berpartisipasi menyukseskan setiap kegiatan yang dilakukan.
faktor penting yang dapat mempengaruhi efektivitas kepemimpinan di BKBPM Kota Malang antara lain : Persepsi yang tepat, tingkat kematangan, Penilaian yang tepat terhadap tugas, Latar belakang dan pengalaman, Harapan dan gaya pemimpin,  Hubungan seprofesi, serta Para pemimpin saat ini menghadapi situasi yang sulit. Factor-faktor lain adalah : Kepribadian (personality), Harapan dan perilaku atasan, Karakteristik, harapan dan perilaku bawahan mempengaruhi terhadap apa pola kepemimpinan, Kebutuhan tugas, setiap tugas bawahan juga akan mempengaruhi pola kepemimpinan, Iklim dan kebijakan organisasi mempengaruhi harapan dan perilaku bawahan, serta Harapan dan perilaku rekan.
Dampak Negatif dan Positif dari Pola Kepemimpinan di BKBPM Kota Malang. Dampak positif antara lain : Pelayanan berjalan sesuai dengan yang diharapkan, Pola kepemimpinan berjalan dengan baik, Bawahan menerima instruksi dari pemimpin dan dikerjakan dengan baik. Sedangkan dampak negatif antara lain : Kebahagiaan, Ketekunan, Keefisienan, Kesopansantunan dalam melayani, dan Norma yang berlaku.

Kata Kunci : Pola, Kepemimpinan.

0 komentar:

Posting Komentar