Kurniasani,
Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2012
PERSEPSI
REMAJA TENTANG CELEBRITY ENDORSER
SHIREEN SUNGKAR DAN TEUKU WISNU DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT GENERASI
BERENCANA DI TELEVISI
(Studi
pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tribhuawana Tunggadewi)
Dosen Pembimbing Utama
: Akhirul Aminulloh, S.Sos. M.
Si
Dosen Pembimbing Pendamping
: Willy Tri Hardianto, S.Sos. MM., M.AP.
ABSTRAKSI
Penggunaan
celebrity endorser merupakan salah satu strategi merancang daya tarik pesan iklan televisi baik iklan komersial ataupun Iklan Layanan
Masyarakat. Strategi inilah yang digunakan oleh BKKBN untuk mengkampanyekan
Generasi Berencana yaitu dengan membuat iklan layanan masyarakat generasi
berencana dengan celebrity endorsernya
Shireen dan Wisnu, penggunaan celebrity
endorser dalam iklan layanan masyarakat tersebut memunculkan beragam persepsi dari remaja sebagai target sasaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami persepsi remaja di
program studi Ilmu Komunikasi Universitas Tribhuawana Tunggadewi tentang Celebrity endorser Shireen dan Wisnu
dalam Iklan layanan masyarakat Generasi berencana di televisi.
Dalam
penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan
pengumpulan data melalui wawancara mendalam, pengambilan informan dengan teknik
sampel bertujuan (purposive sampling)
dan teknik bola salju (snowball sampling).untuk
mengukur validitas keabsahan data menggunakan teknik pemeriksaan dengan teknik
penguji data triangulasi, selanjutnya analisis data digunakan model analisis
interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari
hasil penelitian diperoleh suatu kesimpulan : (1) Persepsi remaja ilmu
komunikasi di Universitas Tribhuwana Tunggadewi tentang celebrity endorser Shireen dan Wisnu dalam iklan layanan masyarakat
Generasi Berencana sudah baik dikarenakan Shireen dan Wisnu memiliki kemampuan
berakting dengan baik dan Shireen dan
Wisnu menjiwai peran yang dimainkan sehingga pesan yang disampaikan diterima
dengan baik. Walaupun
ada juga yang mengatakan peran Shireen dalam iklan tersebut kurang tepat karena
Shireen terlalu muda.
(2) Shireen dan Wisnu memiliki kredibilitas
sebagai komunikator, karena Shireen dan Wisnu dinilai mememuhi kriteria sebagai komunikator yaitu pada komponen data
tarik (Attractiveness), kesukaan (Likeability), kepercayaan (Trustworthiness) dan keahlian (Expertise) dalam iklan layanan
masyarakat Generasi Berencana.
Kata Kunci : persepsi
remaja, celebrity endorser, iklan
layanan masyarakat.
0 komentar:
Posting Komentar