Senin, 24 September 2012

Hasil Penelitian M Fathoni


Muhammad Fatoni Hidayat, Fakultas IlmuSosial Dan Ilmu Politik, 2012
PENGARUH BERITA KRIMINAL TAWURAN PELAJAR DI MEDIA MASSA TELEVISI TERHADAP PERILAKU REMAJA
( Studi Kasus di SMA Al-Yasini Jalan Pondok Pesantren Terpadu Miftahul Ulum Al-Yasini Ngabar Kraton Pasuruan)
Dosen Pembimbing Utama                 :  Akhirul Aminullah, S.Sos.,M.Si
Dosen Pembimbing Pendamping        :  Taufan Yudisticia Risqianto, S.Sos
 

ABSTRAKSI
Sebuah berita pada sebuah media massa memberikan dampak yang besar terhadap masyarakat sehingga sudah seharusnya media massa memberikan informasi yang objektif dan berimbang. Jika diamati, media yang lebih efektif dalam penyampaian berita di televisi juga merupakan media melihat dan dengar.
Berita kriminal yang sering di saksikan di layar televisi dapat mempengaruhi jiwa anak remaja maupun mahasiswa untuk bertindak lebih berhati-hati terhadap orang lain, tindakan kriminal tersebut dapat di contoh oleh mahasiswa baik secara sadar maupun tidak, dan terkadang dimana ada kesempata untuk melakukan hal-hal yang kurang baik maka disitulah tindakan kriminal di praktekkan. Mahasiswa maupun remaja memandang berita kriminal sebagai informasi yang perlu di ikuti untuk mencegah terjadinya tindak kriminal pada diri individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berita kriminal tawuran pelajar dimedia massa televisi terhadap perilaku remaja, serta untuk mengetahui Seberapakah besar pengaruh dari berita kriminal tawuran pelajar di media massa televisi terhadap perilaku Remaja.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif assosiatif,dengan pengujian hipotesis bahwa HA= menyatakan adanya pengaruh berita criminal tawuran pelajar dimedia massa televise terhadap perilaku remaja sedangkan HO = menyatakan tidak adanya pengaruh berita criminal tawuran pelajar dimedia massa televisi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Yasini jalan Pondok Pesantren Terpadu Miftahul Ulum Al-Yasini Ngabar Kraton Kabupaten Pasuruan pada tanggal 7 Mei samapai 7 Juni 2012. Dengan pengumpulan data melalui quesioner. Kemudian yang menjadi subjek penelitian adalah siswa dan siswi SMA Al-Yasini yang berjumlah 20, laki-laki 10 orang dan yang perempuan 10 orang dengan menggunakan teknik sampling Proportionate Stratified Random Sampling. Selanjutnya dianalisis data dengan menggunakan analisis data deskriftif kuantitatif meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan, analisis regresi sederhana,uji validitas.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan regresi sederhana menunjukan bahwa berita kriminal tawuran pelajar di media massa televisi terhadap perilaku remaja tidak ada pengaruhnya, sedangkan besar pengarunya dapat diketahui bahwa Fhitunga lebih besar dari Ftabel(Fhitung 0,4700944< Ftabel 0,501298).

Kata kunci: BeritaKriminalTawuranPelajar, PerilakuRemaja

0 komentar:

Posting Komentar