Minggu, 23 September 2012

Materi 9, Etika dan Filsafat Komunikasi, Mengapa Kita Perlu Etika

Mengapa Kita Perlu Etika

Ditinjau dari sudut Ilmu Komunikasi seorang mahasiswa / alumni prodi Ilmu Komunikasi adalah seorang komunikator yang profesional baik dari sisi individual maupun organisatoris, karena apa yang ia lakukan menyangkut nilai diri, profesi dan organisasinya / almamaternya.
Oleh karena itu mahasiswa atau alumni Ilmu Komunikasi, adalah seorang profesional individual maupun organisasional (professional organisasional), maka ia harus menjadi sumber kredibilitas (source credibility), maknanya ia harus menjadi seorang profesional, ia harus dapat dipercaya, beritikad baik, serta bersikap dan berperilaku terpuji karena menyangkut penilaian masyarakat, maka dari itu dalam organisasi professional disusunlah kode etik (code of ethics), misalkan kode etik jurnalistik, kode etik kedokteran, kode etik hubungan masyarakat, dll.
Tujuan diadakannya kode etik tersebut ialah agar para anggota organisasi bersangkutan mempunyai pedoman untuk bersikap dan berperilaku dalam rangka menjaga citra organisasi.

Bahan bacaan:
Onong Uchjana Effendy, Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikologis, Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 1999, hlm. 164.
   


0 komentar:

Posting Komentar