Selasa, 25 September 2012

Hasil penelitian Rusli


“PERAN PIMPINAN REDAKSI DALAM 
MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA WARTAWAN”
(Studi pada Harian Memo Arema Malang)
Oleh:
RUSLI.
(2008230028).
Jurusan Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
2012.

Dosen Pembimbing Utama                          :   Mondry, SP.M.Sos
Dosen Pembimbing Pendamping                :   Carmia Diahloka, S.Sos. M.Si.

Demi mencapai suatu isi media yang baik dan menarik, tidak lepas dari wujud aktif seorang pimpinan redaksi dalam meningkatkan kualitas kinerja wartawannya untuk mencapai tujuan dari media itu sendiri, antara lain rutin mengadakan rapat redaksi dengan wartawan guna meningkatkan kualitas kinerja wartawan agar media itu bisa berkembang dengan baik. Oleh sebab itu, agar wartawan dapat  lebih profisional dan lebih optimal dalam mencari berita, salah satunya diberi pengarahan atau tips dari pimpinan redaksi dalam menghadapi sumber yang susah untuk diwawancara. Di samping itu, peran aktif seorang pimpinan redaksi dalam menmengontrol dan menentukan  tempat wartawan mencari berita sehingga memudah arah tujuan wartawan bekerja. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 2 rumusan masalah guna mencari permasalahan dalam penelitian ini yaitu:1. Bagaimana pola kepemimpinan yang diterapkan oleh pimpinan redaksi  Harian Memo Arema? 2. Bagaimana peran kepemimpinan yang diterapkan oleh pimpian redaksi Harian Memo Arema dalam kinerja wartawan?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana peran pimpinan redaksi dalam meningkatkan kualitas kinerja wartawan pada harian Memo Arema Malang serta  untuk mengetahui dan menggambarkan kinerja wartawan pada media tersebut. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskritip kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengukur validitas keabsahan data dilakukan suatu teknik Trianggulasi dimana data yang sama sejenis lebih mantap kebenarannya bila digali dari beberapa sumber yang berbeda dari objek penelitian.
Kesimpulan dari peneltian ini adalah pimpinan redaksi telah menjalankan tugasnya sebagai pimpinan dan memberikan masukan kepada wartawan, menentukan tugas wartawan, mengontrol kerja wartawan dan mengadakan rapat redaksi sebagai wadah pertemuan antara wartawan dan pimpinan redaksi untuk menyampaikan pendapat dalam melaksanakan tugas demi mencapaikualitas kinerja wartawan yang baik. Peran pimpinan dalam memberikan motivasi kepada wartawan merupakan hal yang baik guna meningkatkan kualitas kinerja wartawan, tapi dalam memberikan motivasi, pimpinan tidak pernah memberikan semacam reward kepada wartawan yang berprestasi, padahal reward merupakan salah satu bentuk motivasi yang dapat meningkatkan kualitas kinerja wartawan.   

0 komentar:

Posting Komentar