Maria
Raniliati , ILMU ADMINISTRASI NEGARA,
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK,
2012
(Studi
pada Kantor Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang)
Dosen Pembimbing
Utama : Willy Tri Hardianto,S.Sos,
MM,MAP
Dosen Pembimbing
Pendamping : Agung Suprojo, S.Kom, MAP
ABSTRAK
Komunikasi organisasi adalah
komunikasi antarindividu yang terjadi dalam suatu organisasi, baik mencakup
komunikasi internal maupun eksternal. Pentingnya komunikasi dalam setiap
pelaksanaan berbagai kegiatan atau kerja suatu organisasi, menjadikannya
sebagai penentu dalam mengukur keefektifan dan efisiensi dari organisasi
tersebut. Yang menunjukan apakah organisasi tersebut telah berhasil mencapai
suatu target yang telah ditentukan dan disepakati terlebih dahulu, khususnya di
sini dalam implementasi (pelaksanaan) administrasi perkantoran.
Dalam
penelitian ini digunakan Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif, di mana data
dari hasil penelitian berupa angka-angka dan dianalisis menggunakan statistik.
Adapun langkah-langkah pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi,
dokumentasi, dan kuesioner.
Dari hasil penelitian diperoleh
suatu kesimpulan : (1) Dari hasil analisis data menunjukan bahwa peran
komunikasi organisasi (organizational communication) dalam implementation
administrasi perkantoranyang berlangsung di Kantor Kecamatan Lowokwaru sudah
berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari klasifikasi jawaban responden
pada tabel perbandingan hasil analisis data yaitu variabel bebas (X) sebesar 60%
menjawab sudah baik. (2) Implementatiton administrasi perkantoran yang ada pada
kantor Kecamatan Lowokwaru sudah berjalan dengan sangat baik. Hal ini dapat
dilihat dari hasil jawaban responden pada Variabel Terikat (Y) sebesar 70%
dengan kategori jawaban sangat baik. (3) Secara keseluruhan, peran
organizational communication dalam implementation administrasi perkantoran
telah berjalan dengan baik, sehingga dapat dikatakan bahwa peran organizational
communication yang ada pada kantor Kecamatan Lowokwaru mampu menunjang
efektifitas dalam implementation administrasi perkantoran tersebut.
Kata
Kunci : Komunikasi Organisasi, Implementasi Administrasi Perkantoran
0 komentar:
Posting Komentar