Kamis, 27 September 2012

Materi 8, Metode Penelitian, Jenis Metode Penelitian


JENIS-JENIS METODE PENELITIAN

Jenis-jenis metode penelitian dapat diklasifikasikan berdasarkan, tujuan, dan tingkat kealamiahan (natural setting) obyek yang diteliti.

Berdasarkan tujuan, metode penelitian dapat diklasifikasikan menjadi penelitian dasar (basic research), penelitian terapan (applied research) dan penelitian pengembangan (research and development).

Selanjutnya berdasarkan tingkat kealamiahan, metode penelitian dapat dikelompokkan menjadi metode penelitian eksperiman, survey dan naturalistic.

Gay (1977) menyatakan bahwa sebenarnya sulit untuk membedakan antara penelitian murni (dasar) dan terapan terpisah, karena keduanya terletak pada garis kontinum.

Penelitian dasar bertujuan untuk mengembangkan teori dan tidak memperhatikan kegunaan yang langsung bersifat praktis.

Penelitian dasar pada umumnya dilakukan pada laboratorium yang kondisinya terkontrol dengan ketat.

Penelitian terapan dilakukan dengan tujuan menerapkan, menguji, dan mengevaluasi kemampuan secara teori yang diterapkan dalam memecahkan masalah-masalah praktis.

Jadi penelitian murni / dasar berkenaan dengan penemuan dan pengembangan ilmu.

Setelah ilmu tersebut digunakan untuk memcahkan masalah, maka penelitian tersebut akan menjadi penelitian terapan.

Jujun S. Suriasumantri (1985), menyatakan bahwa penelitian dasar atau murni adalah penelitian yang bertujuan menemukan pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah diketahui, sedangkan penelitian terapan adalah bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah kehidupan praktis.

Sumber:
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit Albeta, Bandung, 2009, hlm 4.


0 komentar:

Posting Komentar