Senin, 11 Juni 2012

Materi 10, OD, Definisi OD


10  DEFINISI OD

Usaha jangka panjang untuk memperbaiki proses pemecahan masalah dan proses pembaharuan suatu organisasi terutama melalui manajemen kebudayaan organisasi yang lebih efektif dan kolaboratif.

Fakus perubahan berencana dapat pula organisasi itu sendiri secara keselutuhannya.
Para praktisi OD biasanya menekankan bahwa usaha ini meliputi total system  dan dimanage dari top keseluruhan organisasi dapat dilibatkan dengan memakai survey yang meminta respon dari semu anggota.

Implikasi I perubahan-perubahan organisasi juga harus disesuaikan dengan tantangan terdekat dari organisasi yang dimaksud.

Apabila  organisasi yang dimaksud itu organisasi kemahasiswaan – kepemudaan, maka implikasi pengembangan individu ialah pengayaan materi ilmu terus menerus, menambah keyakinan akan misi-misi essensial organisasi termasuk idea-ideanya dan juga motivasi yang benar, besar dan terarah.

Inti dari pengembangan organisasi melalui pembenahan organisasi antara lain keberanian pimpinan mereka untuk terbuka terhadap kolaborasi (kerjasama) dengan instansi yang sama sekali berbeda tapi dapat membantu dalam kreativitas dan kemudahan mencapai tujuan.

Sehingga dapat dikatakan organisasi yang tidak berani membuka kerjasama luar, berarti dia teken mati.

Sumber :
Mas’ud Said, Kepemimpinan, Pengembangan Organisasi, Team Building dan Perilaku Inovati, 2010, h. 6-7.

0 komentar:

Posting Komentar