Senin, 11 Juni 2012

Materi 13, OD, Alasan Diperlukannya OD


13  ALASAN DIPERLUKANNYA OD

Ada dua alasan diperlukannya OD :

Pertama:
Struktur imbalan dalam pekerjaan tidak cukup memperkuat pelatihan konvensional, sehingga seringkali  gagal mengalihkan hasil belajar ke dalam pekerjaan;
Terlalu banyak program yang dirancang dengan baik mengalami kegagalan karena lingkungan kerja tidak menyediakan dukungan yang diperlukan secukupnya.
Dalam kondisi seperti ini langkah nalar berikutnya adalah berusaha mengubah organisasi  secara keseluruhan sehingga akan mendukung  pelatihan.
Inilah sebenarnya yang diupayakan oleh OD.

Kedua:
Laju perubahan itu sendiri yang berlangsung dengan cepat, yang mengharuskan organisasi untuk benar-benar luwes dalam rangka melangsungkan hidupnya dan memperoleh keuntungan;
OD berupaya mengembangkan organisasi secara keseluruhan agar dapat menanggapi perubahan secara lebih seragam dan berkemampuan.
OD berusaha “memperlancar” arus komunikasi dengan meningkatkan jumlah dan akurasi informasi  melalui dinamika kelompok yang lebih baik dan penanggulangan maslah.
Singkatnya, tujuan umum pengembangan organisasi adalah mengubah semua bagian organisasi untuk membuatnya lebih tanggap secara manusiawi, lebih efektif, dan lebih mampu memperbaharui diri sendiri.

Sumber:
Davis, Keit & John W. Newtrom, alih bahasa Agus Dharma, Perilaku Dalam Organisasi, Jakarta, Erlangga, 1985, h. 246.

0 komentar:

Posting Komentar