Senin, 11 Juni 2012

Materi 8, OD, Fenomena Perubahan / Penegmbangan


  8      FENOMENA PERUBAHAN/ PENGEMBANGAN

Pengamatan yang sangat kausal saja tentang ciri-ciri dunia modern dewasa ini sudah membuktikan kebenaran ungkapan yang mengatakan bahwa “satu-satunya kepastian di dunia adalah ketidak pastian dan bahwa satu-satunya hal yang konstans di dunia adalah perubahan”

Dikatakan demikian karena salah satu ciri utama dunia, yang bagi orang awam sekalipun terlihat dengan jelas sekarang ini, ialah terjadinya perubahan dengan sangat cepat.
Perubahan yang terjadi dengan sangat cepat itu mencakup seluruh aspek kehidupan, yang pada gilirannya mempunyai dampak terhadap kehidupan individual, berbagai kelompok masyarakat, semua jenis organisasi dan bahkan seluruh masyarakat bangsa.

Dibidang politik, misalnya, apa yang dialami oleh masyarakat dunia adalah “berbagai kejutan” yang beberapa tahun yang lalu saja tidak ada yang meramalkannya.

Runtuhnya pemerintahan dictatorial berhaluan komunis di Eropa Timur, bebarnya Negara Uni Soviet, hancurnya Tembok Berlin dan bersatunya kembali  rakyat Jerman, usai Perang Dingin telah mengubah secara sangat mendasar “peta” geopolitik dunia.

Berbagai perubahan tersebut mempunyai dampak kuat pada percaturan politik pada tingkat global dan pasti berpengaruh pula pada penyelenggaraan hubungan internasional antar berbagai pemerintah negara, bangsa di dunia, baik pada tingkat bilateral, multilateral maupun pada berbagai for a di bawah bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Perubahan-perubahan mendasar di bidang politik berdampak kuat pula pada bidang pertahanan.

Para pakar militer memperhitungkan bahwa dengan meredanya ketegangan antara berbagai pihak yang tadinya terlibat dalam Perang Dingin, perlombaan persenjataan akan sangat berkurang, terbukti dari kesediaan berbagai negara yang sudah menandatangani “Perjanjian Non-proliferasi Snjata Nuklir” dengn beberapa pengecualian- untuk menghancurkan persenjataan nuklir yang sudah dimilikinya dan tidak lagi mengembangkan kapabilitas nuklir di negara yang bersangkutan.

Meskipun belum bias dikatakan bahwa dunia sudah bebas dari ancaman bahaya perang nuklir atau Perang Dunia ketiga, akan tetapi banyak pihak yang optimis bahwa ancaman itu tidak sekuat pada waktu berbagai kekuatan militer dunia berlomba-lomba memperkuat persenjataannya, termasuk kemampuan persenjataan nuklir yang sangatt destrukt destruktif itu.

Salah satu implikasi positif dari perkembangan di bidang militer itu ialahif itu.
Salah satu implikasi positif dari perkembangan di bidang militer itu ialah bahwa di berbagi Negara anggaran untukegara anggaran untuk  bidang militer sangat kurangbidang militer sangat berkurang dan mengalihkan dana yang tersedia untuk kepentingan lain, terutama untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di masing-masing Negara.

Ditingkat internasional, munculah persaingan antar bangsa diantaranya lahirnya “World Trade Organization” (WTO) yang berakibat positif pada banyaknya “interaksi ekonomi antar bangsa, ang menuntut banyak perubahan, bukan hanya dibidang “politik ekonomi” tetapi juga yang bersifat operasional.

Perubahan di bidang social budaya pun terjadi secara mendasar, seperti  terjadinya pergeseran kultur dan system nilai yang berlaku di berbagai masyarakat.
Meskipun setia[ masyarakat bangsa mengumandangkan tekadnya untuk terus berupaya mempertahankan “Jati Diri” masing-masing, realisasi tekad  tersebut secara operasional bukanlah merupakan hal yang mudah, antara lain  karena dampak iklim keterbukaan, penetrasi teknologi ke seluruh penjuru dunia dan sifat maniru yang terdapat dalam diri manusia.

Perkembangan teknologi yang terjadi dengan kecepatan yang belum pernah dialami oleh umat manusia juga mempunyai dampak yang amat kuat pada berbagai segi kehidupan.
Revolusi teknologi transportasi, revolusi teknologi komunikasi dan revolusi teknologi informasi adalah tiga contoh perkembangan yang sangat menonjol.

Berkat perkawinan antara teknologi komunikasi dan teknologi informasi, misalnya dunia saat ini sudah memasuki “era informasi” dalam arti dunia yang sesungguhnya.

Jalan raya infomrasi melalui “Internet” sudah memungkinkan terbukanya akses informasi pada tingkat global yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Sumber bacaan:
Sondang P. Siagian, Teori Pengembangan Organisasi, Bumi Aksara, Jakarta, 1995.
    

0 komentar:

Posting Komentar