Senin, 11 Juni 2012

Materi 9, OD, Team Building


9.  PENGEMBANGAN ORGANISASI, TEAM BUILDING

Tidak dapat dipungkiri yang hidup dan akan tetap ingin hidup dalam era sekarang ini selalu membutuhkan perubahan.

Dalam khasanah kepemimpinan modern, seorang leader tidak hanya dituntut untuk memiliki kharisme tapi juga dituntut untuk secara cerdik memahami lingkungannya.

Ini disebut sebaga suatu kesadaran  dan kemampuan untuk selalu dapat beradaptasi dengan lingkungan sosial dan juga tuntutan anggota.

Dengan demikian seorang pemimpin organisasi manapun tidak akan dapat menentukan sendiri sendi-sendinya tanpa ia memperhatikan sendi-sendi ekternalnya.

Sebagaimana yang telah dikemukakan ahli organisasi Warrant Bennis (dikutip oleh A. Ibrahim Indra Widjaya): “Bila perubahan dalam system nilai akan berkelanjutan, maka setiap organisasi harus berusaha belajar untuk lebih responsif, baik terhadap lingkungannya maupun terhadap tuntutan anggotanya.

Yang lain Warrant Bennis menyatakan: Pengembangan organisasi adalah suatu jawaban terhadap perubahan, suatu strategi pendidikan yang rumit yang dimaksudkan untuk berubah kepercayaan, nilai-nilai dan struktur dari suatu organisasi, sehingga organisasi tersebut dapat lebih mampu menyesuaikan diri dengan teknologi buru, pasar dan tantangan…….
Richard Beckhart, rumus pengembangan organisasi, sebagai berikut:

Pengembangan adalah suatu usaha:
1.       Terencana;
2.       Mencakup organisasi secara keseluruhan dan;
3.       Dikelola dari atas untuk;
4.       Meningkatkan efektivitas dan kesehatan organisasi melalui;
5.       Intervensi berencana terhadap proses yang terjadi dalam organisasi dan dengan mempergunakan pengetahuan yang berasal dari ilmu perilaku;

Jadi pengambangan organisasi adalah perubahan berencana menggunakan berbagai pendekatan, dilakukan secara terus menerus menuju keadaan yang lebih baik.

Sumber bacaan:
Mas’ud Said, Kepemimpinan: Penegmbangan Organisasi, Team Building dan Perilaku Inovatif,. UPRESS, 2010, h. 1-3.



          

0 komentar:

Posting Komentar