Minggu, 27 Mei 2012

Berkah Bangun Pagi


Berkah Bangun Pagi

Berkah bangun pagi yang pertama adalah Allah masih ridho dengan memanjangkan umur dengan menempatkan kembali Ruh pada Jasad kita, usahakan sebelum Adzan Subuh dikumandangkan, sehingga masih dapat melaksanakan shalat malam.

Jangan menunda-nunda bangun pagi, agar kita tidak terluput dari manfaat dan keberkahannya, dan segera ke Masjid (Rumah Allah) untuk shalat Subuh berjama’ah bagi pria atau laki-laki, dan wanita atau perempuan lebih utama di rumah.

Waktu pagi Rasulullah Saw, telah memohonkan keberkahan bagi umatnya, dalam sabdanya "Ya Allah, berkailah umatku pada pagi harinya” (HR, Ahmad, IV/4735, Abu Daud, 2606,..dst)

Dan dalam riwayat lain “Diberkati ummatku pada pagi harinya” (Shahih al-Jami’, 2841).

Dan setelah bangun usaplah wajah dengan kedua tangan sebelum beranjak dari tempat tidur, tujuannya untuk menghilangkan kantuk dan menghapus bekas-bekas tidur.

Itulah yang biasa diamalkan Rasulullah Saw, berdasarkan riwayat dari Ibnu Abbas ra, ia berkata “Aku bermalam di rumah bibiku Maimunah ra, kemudian Rasulullah Saw, bangun  lalu beliau mengusap wajah dengan tangannya. Setelah itu beliau membaca sepuluh ayat terakhir surat Ali Imraan (HR, Bukhari [4570] dan Muslim [763]).

Mengusap wajah sesudah bangun tidur ini sangat banyak manfaatnya.

Banyak kasus orang-orang terjatuh di kamar mandi sesudah bangun tidur disebabkan tidak mengamalkan sunnah Nabi ini (Ibu Ihsan al-Atsary & Ummu Ihsan Choiriyah, 2010, h. 38).

Semoga bermanfaat.  

0 komentar:

Posting Komentar