Minggu, 27 Mei 2012

Setelah Bangun Tidur


Perilaku Bangun Tidur

Apa yang dilakukan setelah kita bangun tidur ?

Jangan lupa mencuci tangan tiga kali sebelum memasukkan tangan ke dalam bejana atau menyentuh benda-benda yang basah atau  terhormat. 

Ini adalah adab yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw, karena orang saat tidur kadang-kadang menyela keringat atu menggaruk badannya, bahkan terkadang tanpa sadar ia menyentuh kemaluan atau tempat-tempat yang kotor.

Oleh karena itu Rasulullah Saw, bersabda dalam sebuah hadits “Jika salah seorang dari kalian bangun dari tidur, maka janganlah ia mencelupkan tangannya ke dalam bejana hingga mencucinya tiga kali. Sesungguhnya ia tidak tahu dimanakah tangannya berada tadi malam” (HR. Al-Bukhari [162] dan Muslim [278]).

Setelah mencuci tangan apa yang dilakukan berikutnya ?

Berwudhu disertai Istinsyaaq dan Istinsyar tiga kali.

Istinsyaaq artinya sungguh-sungguh memasukkan air ke hidung dan, Istinsyaar adalah mengeluarkan kembali tiga kali ketika berwudhu.

Apa fungsinya ? 

Fungsinya untuk mengusir setan, menghilangkan kantuk dan mengusir rasa malas.

Rasulullah Saw, bersabda, “Jika salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya, hendaklah ia berwudhu dan beristinsyar sebanyak tiga kali, karena sesungguhnya setan bermalam di lubang hidungnya” (HR. Al-Bukhari [3295] dan Muslim [238]).


0 komentar:

Posting Komentar