Selasa, 01 Mei 2012

Met Pen Kualitatif, 8 Instrumen Penelitian


8 INSTRUMEN PENELITIAN
Kualitas hasil penelitian dipengaruhi oleh dua hal yaitu: kulaitas instrument penelitian dan kualitas pengumpulan data.

Dalam penelitian kuantitatif:

Kualitas instrument penelitian berkenaan dengan validitas dan reliabilitas instrument dan kualitas pengumpulan data ber kenaan dengan ketepatan cara-cara yang digunakan untuk mengumpulkan data.

Oleh karena itu instrument yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, belum tentu dapat menghasilkanmd dan reliable, apabila instrument tersebut tidak digunakan secara tepat dalam pengumpulan datanya.

Instrumen dalam penelitian kuantitatif dapat berupa test, pedoman wawancara, pedoman observasi dan kuesioner.

Dalam Penelitian Kualitatif:

Yang menjadi instrument atau alat penelitian adalah peneliti itu sendiri.
Oleh karena itu peneliti sebagai instrument juga harus “divalidasi” seberapa jauh peneliti kualitatif siap melakukan penelitian yang selanjutnya terjun ke lapangan.

Validasi terhadap peneliti sebagai instrument meliputi validasi terhadap pemahaman metode penelitian kualitatif, penguasaan wawasan terhadap bidang yang diteliti, kesiapan peneliti untuk memasuki obyek penelitian, baik secara akademik maupun logistiknya.
Yang melakukan validasi adalah peneliti sendiri, melalui evaluasi diri seberapa jauh pemahaman terhadap metode kualitatif, penguasaan teori dan wawasan terhadap bidang yang diteliti, serta kesiapan dan bekal memasuki lapangan.

Peneliti kualitatif sebagai human instrument, berfungsi mentapkan focus penelitian, memilih infomran sebagai sumber data, menafsirkan data dan membuat kesimpulan atas temuannya.

Dalam penelitian kualitatif segala sesuatu yang akan dicari dari obyek penelitian belum jelas dan pasti masalahnya, sumber datanya, hasil yang diharapkan semuanya belum jelas.

Rancangan penelitian masih bersifat sementara dan akan berkembang setelah peneliti memasuki obyek penelitian.

Selain itu dalam memandang realitas, penelitian kualitatif berasumsi bahwa realitas itu bersifat holistik (menyeluruh), dinamis tidak dapat dipisah-pisahkan kedalam variabel-variabel penelitian.

Kalaupun dapat dipisah-pisahkan, variabelnya akan banyak sekali.
Dengan demikian dalam penelitian kualitatif ini belum dapat dikembangkan instrument peneitian sebelum masalah yang diteliti jelas sama sekali.

Oleh karena itu dalam penelitian kualitatif “the researcher is the key instrument”.
Jadi peneliti adalah merupakan instrument kunci dalam penelitian kualitatif.

Dalam penelitian kualitatif pada awalnya dimana permasalahan belum jelas dan pasti, maka yang menjadi instrument adalah peneliti sendiri.
Tetapi setelah masalahnya yang akan dicari jelas, maka dapatdikembangkan suatu instrument.

Sumber:
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2011, hlm. 222-223.


0 komentar:

Posting Komentar