Minggu, 27 Mei 2012

Motif


MOTIF (MOTIVE)

Renungan:
1.       Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudriy ra. Dari Rasulullah Saw, beliau bersabda “Ketika penghuni surge masuk kedalam surge dan penghuni neraka masuk kde dalam neraka, Allah Swt, berfirman “Keluarkanlah penghuni neraka yang di dalam hatinya terdapat iman meskipun seberat biji sawi”. Maka mereka dikeluarkan dari neraka dengan tubuh yang hitam kelam, lalu mereka dimasukkan ke dalam sungai Al-Haya atau Al-Hayat”… (HR. Al Bukhari, no 22).
2.       Tidak ada yang dapat member seseorang keuntungan lebih banyak dari pada yang lain, kecuali sikap selalu berkepala dingin dan tenang dalam kondisi apapun. (Thomas Jefferson, dalam John C. Maxwell, Kepemimpinan 101, Mitra Media, 2002, h. 58)

Definisi:
a.       David B. Guralnik,
Motive: an inner drive, impulse, etc. that causes one to act. (David B. Guvid B. Guralnik, Webster’s New world Dictionary, William Collins Publishers, Inc, Cleveland, Ohit,  1979, p. 314)
Artinya:
Suatu perangsang dari dalam, suatu gerak hati, dan sebaginya yang menyebabkan seseorang melakukan sesuatu.

b.      Harold Koontz,
“is  an inner state that energizes, activates, or moves (hence motivation), ands or channels behavior toward goals” (Harold Koontz, et al, Management, Seventh Edition, McGraw-Hill Kogakusha, Ltd, Tokyo, 1980, p. 632)
Artinya:
Adalah suatu keadaan dari dalam yang member kekuatan, yang menggiatkan, atau yang menggerakkan, karenanya disebut penggerakan atau motivasi, dan yang mengarahkan atau menyalurkan perilaku kea rah tujuan-tujuan.

c.       Nasution:
Dengan motif dimaksud segala daya yang mendorong seseorang melakukan sesuatu.

Sumber:
Moekijat, Dasar-dasar Motivasi, Penerbit Sumur Bandung, 1984, h.9.


0 komentar:

Posting Komentar