Selasa, 15 Mei 2012

Materi 27, PIP, Perlunya Desentralisasi


27 PERLUNYA DESENTRALISASI

Menurut THE LIANG GIE, Desentralisasi diperlukan karena:

1.       Dilihat dari sudut politik sebagai permainan kekuasaan, desentralisasi dimaksud untuk mencegah penumpukan kekuasaan pada satu pihak saja yang akhirnya dapat menimbulkan tirani;

2.       Dalam bidang politik, penyelenggaraan desentralisasi dianggap sebagai tindakan pendemokrasian, untuk menarik rakyat ikut serta dalam pemerintahan dan melatih diri dalam mempergunakan hak-hak demokrasi;

3.       Dari sudut organisatoris pemerintahan, alas an mengadakan pemerintahan daerah (desentralisasi) adalah semata-mata untuk mencapai suatu pemerintahan yang efisien. Apa yang dianggap lebih utama untuk diurus oleh pemerintah setempat, pengurusannya diserahkan  kepada daerah. Hal – hal yang tepat ditangan pusat tetap diurus oleh pemerintah pusat.

4.       Dari sudut cultural, desentralisasi perlu diadakan supaya perhatian dapat sepenuhnya ditumpahkan kepada kekhususan suatu daerah, seperti geografi, keadaan penduduk, kegiatan ekonomi, watak kebudayaan atau latar belakang sejarahnya.

5.       Dari sudut kepentingan pembangunan ekonomi, desentralisasi diperlukan karena pemerintah dapat lebih banyak dan secara langsung membantu pemerintah tersebut.


Sumber:
Tri Ratnawati, Pemekaran Daerah di Indonesai Era Reformasi: Tinjauan Umum, dalam Jurnal Intelejen & Kontra Intelijen, Vol. IV, No. 19, Sept-Okt 2007, Centre For The Study Intelligence And Counter intelligence, h, 161-162.  

0 komentar:

Posting Komentar