Minggu, 20 November 2011

Bahan Kuliah Adm. Perkantoran Job. Grad. Ev.


Bahan kuliah Adm. Perkantoran.

Sugeng Rusmiwari
081 334 995 112.

Renungan:
Kebahagiaan, kedamaian, dan ketentraman hati senantiasa berawal dari ilmu pengetahuan. Itu terjadi karena ilmu mampu menembus yang samar, menemukan sesuatu yang hilang, dan menyingkap yang tersembunyi.  ( Muhammad Nazhif Masykur, Living Smart, Pro You, 2007, h. 191 ).

PENILAIAN KEPCAKAPAN PEGAWAI
Penilaian kecakapan pegawai adalah penilaian berkala secara teratur mengenai betapa baik seorang pegawai melaksanakan pekerjaannya.

Obyekti atau subyektif penilaian dari Leader pada Follower, yang diminan  tergantung pada beberapa faktor yang terkait:
1.       Hubungan antara Leader dengan Follower;
2.       Harmonisasi situasi lingkungan;
3.       Kejujuran.

Ini adalah penilaian subyektif  dengan tujuan adalah:
1.       Untuk menilai kemampuan dengan tujuan untuk kenaikan pangkat, golongan, ruanmg gaji.
2.       Untuk memberikan pembayaran tambahan bagi pegawai.
Kualitas-kualitas penting yang umumnya di nilai adalah:
1.       Kualitas pekerjaan yang diselesaikan.
2.       Kuantitas pekerjaan yang diselesaikan.
3.       Kerjasama (atau kesetiaan).
4.       Kejujuran (dihubungkan dengan tingkat pengawasan yang diperlukan.

Penilaian dilakukan oleh:
1.         atasan langsung sendiri;
2.         atasan langsung dengan wakil ketua atau sekretaris;
3.         atasan langsung dengan pengawas dan sekretaris, dst.

Penilaian dilaksanakan dalam:
1.       tri wulan
2.       kuartal
3.       semester
4.       setahun
5.       dst.

Fenomena perlu dan tidaknya pemberitahuan hasil penilaian kecakapan:
a.       Perlu;
1.       Pegawai mempunyai hak untuk mengetahui kemajuannya.
2.       Laporan yang bersifat rahasia adalah tidak baik untuk semangat klerja.
3.       Pegawai perlu mengetahui di mana mereka harus memperbaiki diri.

b.      Tidak Perlu;
1.       Penilaian kecakapan dapat mengakibatkan perbedaan dengan pegawai lain;
2.       penilaian kecakapan hanya untuk membantu pimpinan atau manajemen.
3.       Penilaian kecakapan hanya melemahkan semangat kerja pegawai.

c.       Kompromi;
1.       Memberitahukan kepada pegawai hanya apabila hasil penilaian tidak memuaskan disbanding dengan penilaian sebelumnya.
2.       Tidak catatan seseuatu yang tidak memuaskan.

Keuntungan- 2 dari penilaian kecakapan pegawai, antara lain:
1.       Memberi penghargaan kepada pegawai yang mempunyai kemampuan besar.
2.       Member imbalan jasa untuk beberapa kerugian dari pada penentuan derajat jabatan (Job Grading).
3.       Berguna bagi pegawai untuk mengetahui kedudukan mereka (apabila diberitahukan kepada mereka).
4.       Merupakan metode kenaikan pangkat yang paling adil (penilaian kecakapan yang biasa dilakukan tidak pandang apakah ada lowongan atau tidak).
5.       Pengawasan-pengawasan terdorong untuk memutuskan dengan tepat dan membuat keputusan-2 secara tertulis.
6.       Merupakan  pendorong bagi para pegawai untuk berusaha lebih giat apabila mereka mengetahui  bahkan diadakan penilaian kecakapan.

Kerugian-2  penilaian kecakapan pegawai :
1.       Tidak menghalang-halangi sistim pilih kasih.
2.       Sering tidak merupakan penilaian yang cukup adil.
3.       Tidak ada cara  untuk membuktikan kebenaran dari pada penilaian.
4.       Tidak ada metode ilmiah mengenai pengukuran kecakapan yang tepat.
5.       Pengawasan sering memerlukan latihan dalam teknik penilaian kecakapan.
6.       Kualitas mungkin terlalu kabur untuk dinilai.
7.       Apabila tidak diberitahukan, penilaian kecakapan tidak dapat merupakan insentif bagi para pegawai.
8.       Apabila penilan kecakapan tidak dilakukan lebih sering dari pada setahun sekali, maka dapat dipengaruhi oleh peristiwa-peristiwa yang baru. 

Sumber Bacaan:
Moekijat, Administrasi Kantor, Alumni, Bandung, 1992.

2 komentar:

  1. Apa kreteria penilai yang slama ini di lakukan sudah sesuai? dan ap yang menjadi parameter ukuran dari kesetiaan? itu yang saya binggungkan mhon bantuan dari bapak..
    Terima kasih atas perhatian dan bantuannya

    BalasHapus
  2. asalammualaikm, sedikit bertnya pak, bagaiman cara mengatasi kerugian tersebut dan mengunakan metode yg bagaimana?

    BalasHapus