Kamis, 17 November 2011


Bahan Kuliah, Etika dan Filsafat Adm. Negara.

Sugeng Rusmiwari
081 334 995 112

Renungan;
1.       Ketika ditimpa bencana dan dilanda musibah, getarkanlah selalu hati kita untuk mengingat-Nya. Gerakkanlah lidah untuk membisikkann nama-Nya. Carilah keleluasaan anugerah-Nya. Memohonkanlah untuk mendapatkan kemenangan dan pertolongan-Nya. (Muhammad Nazhif Masykur, Pro You, Living Smart, Yogyakarta, 2007, h. 223).
2.       Dan Tuhanmu berfirman: “Berdo’alah kepada-Ku niscaya akan Kuperkenankan bagimu” QS. Al-Mu’min, 60)

PITA MERAH (RED TAPE)
1.       Pita  merah adalah suatu istilah yang dimaksudkan untuk menunjukkan adanya prosedur-prosedur birokratik yang mempunyai cirri ketaatan mekanis pada peraturan, formalitas yang berlebihan, dan lebih banyak memperhatikan hal-hal rutin dan kompilasi sejumlah informasi eksternal yang mengakibatkan berkepanjangannya penundaan dan kemandekan. (Panji Santosa, Administrasi Publik, Aditama, Bandung, 2008, h. 19-20).

2.        Disebebkan oleh kecenderungan alamiah dari manusia yang berada dalam lingkungan lingkungan birokratik untuk merutinkan aktivitas-aktivitas mereka.
3.       Konsep pita merah telah memberikan ekspresi negatif, yang digambarkan  Alvin W. Gauldner, dalam (Panji Santosa, Administrasi Publik, Aditama, Bandung, 2008, h. 20) sebagai “aliansi, impersonalisasi, dan regulasi yang mempengaruhi birokrasi”.

0 komentar:

Posting Komentar