Bahan Kuliah Met Pen Perbandingan Metode Kuantitatif dan
Kualitatif
Renungan:
1.
Mengapa Anda ingin menjadi seorang pemimpin ?
2.
Kepemimpinan adalah membuktikan yang tidak dapat
dibuktikan.
3.
Sebagian besar pemimpin, dengan perasaan yang
mendalam, berjuang untuk membuktikan sesuatu yang tidak dapat dibuktikan.(Gerry
Robinson, dalam Jonatahan, Smart Leadership, Elex Media Komputindo, Jakarta,
2004, h.4)
4.
Tugas para pemimpin adalah menggerakkan
orang-orangnya dari tempat mereka sekarang ke tempat yang belum pernah mereka
kunjungi.(Henry Kissinger, dalam Jonatahan, Smart Leadership, Elex Media
Komputindo, Jakarta, 2004, h.5)
5.
Rabb semesta alam (Al-Fatihah, 2)
6.
Tuhan kamu dan Tuhan nenek-nenek moyang kamu
yang dahulu (Asy-Syu’ara, 26).
PERBANDINGAN / PERBEDAAN METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF
Tabel
KARAKTERISTIK METODE
KUANTITATIF DAN KUALITATIF
No.
|
Metode Kuantitatif
|
Metode Kualitatif
|
1.
|
A. Desain
|
A. Desain
|
|
a.
Spesifik, jelas, rinci
|
a.
Umum
|
|
b.
Ditentukan secara mantap sejak awal
|
b.
Fleksibel
|
|
c.
Menjadi pegangan langkah-demi langkah
|
c.
Berkembang, dan muncul dalam proses penelitian
|
2.
|
B. Tujuan
|
B. Tujuan
|
|
a.
Menunjukkan hubungan antar variable.
|
a.
Menemukan pola hubungan yang bersifat
interaktif
|
|
b.
Menguji teori
|
b.
Menemuan teori
|
|
c.
Mencari generalisasi yang mempunyai nilai
prediktif
|
c.
Menggambarkan realitas yang kompleks
|
|
d.
-
|
d.
Memperoleh pemahaman makna.
|
3.
|
C. Teknik Pengumpulan Data
|
C. Teknik Pengumpulan Data
|
|
a.
Kuesioner
|
a.
Participan observation
|
|
b.
Observasi dan wawancara terstruktur
|
b.
In depth interview
|
|
c.
-
|
c.
dokumentasi
|
|
d.
-
|
d.
triangulasi
|
4.
|
D. Instrumen Penelitian
|
D. Instrumen Penelitian
|
|
a. Tes,
angket, wawancara terstruktur
|
a. Peneliti
sebagai instrument (human instrument)
|
|
b. Instrumen
yang telah berstandar
|
b. Buku
catatan, tape recorder, camera, handycam dan lain-lain.
|
5.
|
E. Data
|
E. Data
|
|
a.
Kuantitatif
|
a.
Deskriptif kualitatif
|
|
b.
Hasil pengukuran variable yang diopersionalkan
dengan menggunakan instrumen
|
b.
Dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan
tindakan responden, dokumen dal lain-lain.
|
6.
|
F. Sampel
|
F. Sampel
|
|
a.
Besar
|
a.
Kecil
|
|
b.
Representatif
|
b.
Tidak representative
|
|
c.
Sedapat mungkin random
|
c.
Purposive, snowball
|
|
d.
Ditentukan sejak awal
|
d.
Berkembang selama proses penelitian
|
7.
|
G. Analisis
|
G. Analisis
|
|
a.
Setelah selesai pengumpulan data
|
a.
Terus-menerus sejak awal hingga akhir
penelitian
|
|
b.
deduktif
|
b.
Induktif
|
|
c.
Menggunakan statistic untuk menguji hipotesis
|
c.
Mencari pola, model, thema, teori.
|
8.
|
H. Hubungan dengan Responden
|
H. Hubungan dengan Responden
|
|
a.
Dibuat berjarak, bahkan sering tanpa kontak
supaya obyektif.
|
a.
Empati, akrab supaya memperoleh pemahaman yang
mendalam.
|
|
b.
Kedudukan peneliti lebih tinggi dari responden
|
b.
Kedudukan sama bahkan sebagi guru, konsultan
|
|
c.
Jangka pendek sampai hipotesis dapat
dibuktikan
|
c.
Jangka lama, sampai datanya jenuh, dapat
ditemukan hipotesis atau teori
|
9.
|
I. Usulan Desain
|
I. Usulan Desain
|
|
a.
Luas dan rinci
|
a.
Singkat, umum bersifat sementara.
|
|
b.
Literatur yang berhubungan dengan masalah, dan
variable yang diteliti.
|
b.
Literatur yang digunakan bersifat sementara,
tidak menjadi pegangan utama
|
|
c.
Prosedur yang spesifik dan rinci
langkah-langkahnya.
|
c.
Prosedur bersifat umum, seperti akan
merencanakan tour / piknik.
|
|
d.
Masalah dirumuskan dengan spesifik dan jelas.
|
d.
Masalah bersifat sementara dan akan ditemukan
setelah studi pendahuluan
|
|
e.
Hipotesis dirumuskan dengan jelas
|
e.
Tidak dirumuskan hipotesis, karena justru akan
menemukan hipotesis.
|
|
f.
Ditulis secara rinci dan jelas sebelum terjun
ke lapangan
|
f.
Focus penelitian ditetapkan setelah diperoleh
data awal dari lapangan.
|
10.
|
J. Kapan Penelitian dianggap selesai ?
|
J. Kapan Penelitian dianggap selesai ?
|
|
Setelah semua kegiatan yang direncanakan dapat diselesaikan.
|
Setelah tidak ada data yang dianggap baru / jenuh.
|
11.
|
K. Kepercayaan thd hasil penelitian
|
K. Kepercayaan thd hasil penelitian
|
|
Pengujian validitas dan realibilitas instrumen
|
Pengujian kredibilitas, depenabilitas, proses dan hasil penelitian
|
Sumber: Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif
dan RD, Alfabeta, Bandung, 2011, h.
14-16.
0 komentar:
Posting Komentar