Kamis, 05 April 2012

Materi 1 Seminar Komp Kep 2 Pengertian Penelitian dan Metodologi



Materi 1.
Bahan Kuliah Seminar Kompetensi Kepemimpinan II
Pendekatan Metodologi

PENGERTIAN PENELITIAN
Dimulai dari eksistensi penelitian itu adalah sebagai alat  atau perangkat metodologi yang digunakan untuk membuktikan segala macam ingin tahu tersebut. Untuk itu sebenarnya setiap orang itu pernah melakukan penelitian.
Jadi penelitian itu tidak hanya dilakukan oleh kalangan-kalangan ilmuwan saja, tetapi setiap orang termasuk yang disebut orang awam, dan menentukan adalah ilmiah atau tidak.
“Siapapun boleh meneliti bahkan dengan tegas dikatan bahwa sarjana harus dapat meneliti, karena hanya dengan penelitianlah ilmu dapat dikembangkan secara ilmiah”
Sumber:
(Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Penerbit Rineka Cipta, 2010, h.1.).

METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi penelitian kita sebut adalah cara ilmiah, karena  cara untuk memperoleh kebanaran ilmiah (scientific truth)-nya, bukan karena secara kebetulan, trial and error, dan otoritas kewibawaan yang disebut unscientific.
Jadi sadar atau tidak bahwa cara berfikir kritis-rasional adalah cikal bakal gagasan mengenaik cara kerja penelitian ilmiah (scientific research) yaitu dengan menggunakan analisis deduktif dan induktif serta sistematis.
Prancis Bacon, menganjurkan agar semua orang yang menginginkan kebenaran, harus mengobservasi sendiri variable-variabel yang dijadikan alat ukur kebenaran yang diinginkan, contoh:
1.    Tabulasi cirri-ciri positif, yaitu variable X selalu berubah pada saat berada dalam kondisi Y,
2.    Tabulasi cirri-ciri negative, yaitu variable X tidak berubah kendatipun berada dalam kondisi Y,
3.    Tabulasi variable kondisi, yaitu apakah variable X berubah apabila berada pada kondisi yang berubah-ubah.

Sumber:
Prancis Bacon, dalam Burhan Bungin, Metode Penelitian Sosial, Format-format Kuantitatif dan iKualitatif,  Airlangga University Press, 2001, h 19.


0 komentar:

Posting Komentar