Kamis, 05 April 2012

Materi 9 Sem Komp Kep 2 Variabel Penelitian


Materi 9.
Bahan Kuliah Seminar Kompetensi Kepemimpinan 2
Pendekatan Metodologi Penelitian


VARIABEL PENELITIAN
A.  Definisi
1.    Variabel dapat didefinisikan sebagai atribut dari seseorang atau obyek yang mempunyai “variasi” antara satu orang dengan yang lain atau satu obyek dengan yang lain (Hatch dan Farhady, 1981, dalam Sugiyono, 2001, h.20).
2.    Kerlinger (1973) menyatakan bahwa variable adalah konstruk (constructs) atau sifat yang akan dipelajari. (Sugiyono, 2001, h.20).

Kesimpulan 1:
Variabel adalah atribut dari seseorang atau obyek yang mempunyai “variasi” antara satu orang dengan yang lain atau satu obyek dengan yang lain, sehingga menunjuk pada suatu konstruk atau sifat yang akan dipelajari (sugeng Oktober 2011 A)

3.    Variabel penelitian itu adalah suatu atribut atau sifat atau aspek dari orang maupun obyek yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya. (Sugiyono, 2001, h.20).

Kesimpulan 2:
Variabel adalah atribut dari seseorang atau obyek yang mempunyai “variasi” antara satu orang dengan yang lain atau satu obyek dengan yang lain, yang ditetapkan oleh peneliti, sehingga menunjuk pada suatu konstruk atau sifat yang akan dipelajari untuk diambil kesimpulan (sugeng Oktober 2011 B)

4.    Secara sederhana variabel dikatakan sebagai konsep yang mengalami variasi nilai. (Agus Purwanto, Dyah Ratih Sulistyastuti, 2007, h.17).

Kesimpulan 3:
Variabel adalah konsep atau atribut dari seseorang atau obyek yang mempunyai “variasi” nilai antara satu orang dengan yang lain atau satu obyek dengan yang lain, yang ditetapkan oleh peneliti, sehingga menunjuk pada suatu konstruk atau sifat yang akan dipelajari untuk diambil kesimpulan (sugeng Oktober 2011 C)

5.    Variabel adalah obyek penelitian, atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian (Suharsimi Arikunto, 1997, h.96).



Kesimpulan 4:
Variabel adalah obyek yang menjadi titik perhatian penelitian berupa konsep atau atribut dari seseorang atau obyek yang mempunyai “variasi” nilai antara satu orang dengan yang lain atau satu obyek dengan yang lain, yang ditetapkan oleh peneliti, sehingga menunjuk pada suatu konstruk atau sifat yang akan dipelajari untuk diambil kesimpulan (sugeng Oktober 2011 D)

6.    Variabel adalah hal-hal yang menjadi obyek penelitian, yang ditatap (dijinggleng-Jawa) dalam suatu kegiatan penelitian (points to be noticed), yang menunjukkan variasi, baik secara kuantitatif maupun kualitatif.(Suharsimi Arikunto, 2010, h.17).

Kesimpulan 5:
Variabel adalah obyek yang menjadi titik perhatian penelitian berupa konsep atau atribut dari seseorang atau obyek yang mempunyai “variasi” nilai baik secara kuantitatif maupun kualitatif, antara satu orang dengan yang lain atau satu obyek dengan yang lain, yang ditetapkan oleh peneliti, sehingga menunjuk pada suatu konstruk atau sifat yang akan dipelajari untuk diambil kesimpulan (sugeng Oktober 2011 E)

Daftar Pustaka:
1.     Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Yogyakarta, 1997.
2.     Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Penerbit Rineka, Yogyakarta, 2010.
3.    Purwanto, Sulistyastuti, Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial, Gava Media, 2007.
4.    Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung, 2001.

0 komentar:

Posting Komentar