Kamis, 05 April 2012

Materi 4 Sem Komp Kep 2 Pen Studi Kasus, Pen Asessment, Pen Aksi, Pen Lab, Pen Murni



Materi 4.
Bahan Kuliah Seminar Kompetensi Kepemimpinan 2
Pendekatan Metodologi Penelitian


Penelitian studi kasus
Tujuan penelitian ini adalah untuk mempertahankan keutuhan (wholeness) dari objek penelitian, dalam arti objek dipelajari sebagai suatu keseluruhan yang tertinggi, cara yang digunakan adalah dengan tabulasi silang, menghubungkan sejumlah variable, tidak dilakukan dengan mempertahankan keuntungan masing-masing responden, responden sebagai satu kesatuan dalam suatu analisis. J.
Sumber:
(Vrendenberg, 1978, dalam Burhan Bungin, Metode Penelitian Sosial, Format-format Kuantitatif dan iKualitatif,  Airlangga University Press, 2001, h. 30).

Penelitian assessment
Yang menonjol dalam penelitian ini adalah keterlibatan peneliti mulai dari awal pelaksanaan sampai dengan selesai, kridibilitas hasil penelitian ditentukan oleh peneliti, namun penelitian ini menggunakan kacamata kuda (menggunakan pedoman sesuai dengan pedoman pelaksanaan [proyek] yang ada).
Penelitian evaluasi
Penelitian ini peneliti bias terlibat dari awal hingga terakhir, atau dari tengah-tengah proses kegiatan, karena penelitian ini ingin menjawab, apakah kegiatan (proyek, misalkan) dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sumber:
(John W. Best, 1977, dalam Burhan Bungin, Metode Penelitian Sosial, Format-format Kuantitatif dan iKualitatif,  Airlangga University Press, 2001, h. 31).

Penelitian aksi
Penelitian ini disebut juga Action Research, yang lebih banyak dilakukan penelitian pada hal-hal praktis, dilakukan dari awal kegiatan dan secara terus menerus mencari kelemahan untuk disempurnakan, untuk itu trial and error mendominasi penelitian ini, dengan alas an belum efektif dan efisien, kemudian diperbaiki.
Penelitian perpustakaan
Sesuai namanya penelitian ini dilakukan di Perpustakaan, hasilnya adalah buku, lay-out, ilustrasi dst.

Penelitian laboratorium
Sebagaimana namanya penelitian ini dilakukan di Laboratorium, baik  oleh Ilmu Eksakta maupun Ilmu Sosial.
Penelitian kancah
Penelitian ini dilakukan di Laboratorium yang penuh dengan seribu satu masalah yang tak kunjung pangkal habisnya, semakin komplek kancah semakin banyak pula permasalahan yang dapat dipelajari darinya, terutama dalam Ilmu Sosial dan penelitian ini berhubungan dengan masyarakat atau perilaku manusia.

Penelitian murni (pure)
Penelitian ini dilakukan semata-mata untuk kepentingan pengembangan Ilmu, bukan untuk untuk diterapkan pada masyarakat untuk jangka pendek namun untuk jangka panjang Ilmu tetap harus bermanfaat bagi masyarakat.
Penelitian terapan (applied)
Kebalikan dengan yang tersebut di atas, penelitian ini digunakan langsung untuk aplikasi atau diterapkan pada  masyarakat, contoh penelitian advokasi kepemimpinan, penelitian kerjasama, dll.

Sumber:
Burhan Bungin, Metode Penelitian Sosial, Format-format Kuantitatif dan Kualitatif,  Airlangga University Press, 2001.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Penerbit Rineka Cipta, 2010.

0 komentar:

Posting Komentar