Kamis, 05 April 2012

Materi 16 Sem Kom Kep 2 Metode Kuantitatif dan Kualitatif



Materi 16.
Bahan Kuliah Seminar Kompetensi Kepemimpinan 2
Pendekatan Metodologi Penelitian


PERBANDINGAN / PERBEDAAN METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF

Tabel
KARAKTERISTIK METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF
No.
Metode Kuantitatif
Metode Kualitatif
1.
A. Desain
A. Desain

a.   Spesifik, jelas, rinci
a.   Umum

b.   Ditentukan secara mantap sejak awal
b.   Fleksibel

c.   Menjadi pegangan langkah-demi langkah
c.   Berkembang, dan muncul dalam proses penelitian
2.
B. Tujuan
B. Tujuan

a.   Menunjukkan hubungan antar variable.
a.   Menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif

b.   Menguji teori
b.   Menemuan teori

c.   Mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif
c.   Menggambarkan realitas yang kompleks

d.   -
d.   Memperoleh pemahaman makna.
3.
C. Teknik Pengumpulan Data
C. Teknik Pengumpulan Data

a.   Kuesioner
a.   Participan observation

b.   Observasi dan wawancara terstruktur
b.   In depth interview

c.   -
c.   dokumentasi

d.   -
d.   triangulasi
4.
D. Instrumen Penelitian
D. Instrumen Penelitian

a.   Tes, angket, wawancara terstruktur
a.  Peneliti sebagai instrument (human instrument)

b.   Instrumen yang telah berstandar
b. Buku catatan, tape recorder, camera, handycam dan lain-lain.


5.
E. Data
E. Data

a.   Kuantitatif
a.   Deskriptif kualitatif

b.   Hasil pengukuran variable yang diopersionalkan dengan menggunakan instrumen
b.   Dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan tindakan responden, dokumen dal lain-lain.
6.
F. Sampel
F. Sampel

a.   Besar
a.   Kecil

b.   Representatif
b.   Tidak representative

c.   Sedapat mungkin random
c.   Purposive, snowball

d.   Ditentukan sejak awal
d.   Berkembang selama proses penelitian
7.
G. Analisis
G. Analisis

a.   Setelah selesai pengumpulan data
a.   Terus-menerus sejak awal hingga akhir penelitian

b.   deduktif
b.   Induktif

c.   Menggunakan statistic untuk menguji hipotesis
c.   Mencari pola, model, thema, teori.
8.
H. Hubungan dengan Responden
H. Hubungan dengan Responden

a.   Dibuat berjarak, bahkan sering tanpa kontak supaya obyektif.
a.   Empati, akrab supaya memperoleh pemahaman yang mendalam.

b.   Kedudukan peneliti lebih tinggi dari responden
b.   Kedudukan sama bahkan sebagi guru, konsultan

c.   Jangka pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan
c.   Jangka lama, sampai datanya jenuh, dapat ditemukan hipotesis atau teori
9.
I. Usulan Desain
I. Usulan Desain

a.   Luas dan rinci
a.   Singkat, umum bersifat sementara.

b.   Literatur yang berhubungan dengan masalah, dan variable yang diteliti.
b.   Literatur yang digunakan bersifat sementara, tidak menjadi pegangan utama

c.   Prosedur yang spesifik dan rinci langkah-langkahnya.
c.   Prosedur bersifat umum, seperti akan merencanakan tour / piknik.

d.   Masalah dirumuskan dengan spesifik dan jelas.
d.   Masalah bersifat sementara dan akan ditemukan setelah studi pendahuluan

e.   Hipotesis dirumuskan dengan jelas
e.   Tidak dirumuskan hipotesis, karena justru akan menemukan hipotesis.

f.    Ditulis secara rinci dan jelas sebelum terjun ke lapangan
f.    Focus penelitian ditetapkan setelah diperoleh data awal dari lapangan.
10.
J. Kapan Penelitian dianggap selesai ?
J. Kapan Penelitian dianggap selesai ?

Setelah semua kegiatan yang direncanakan dapat diselesaikan.
Setelah tidak ada data yang dianggap baru / jenuh.
11.
K. Kepercayaan thd hasil penelitian
K. Kepercayaan thd hasil penelitian

Pengujian validitas dan realibilitas instrumen
Pengujian kredibilitas, depenabilitas, proses dan hasil penelitian

Sumber: Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD, Alfabeta, Bandung, 2011,  h. 14-16.

0 komentar:

Posting Komentar