Materi 16.
Bahan
Kuliah Seminar Kompetensi Kepemimpinan 2
Pendekatan
Metodologi Penelitian
PERBANDINGAN / PERBEDAAN METODE KUANTITATIF
DAN KUALITATIF
Tabel
KARAKTERISTIK
METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF
No.
|
Metode
Kuantitatif
|
Metode
Kualitatif
|
1.
|
A.
Desain
|
A.
Desain
|
|
a.
Spesifik, jelas, rinci
|
a.
Umum
|
|
b.
Ditentukan secara mantap sejak awal
|
b.
Fleksibel
|
|
c.
Menjadi pegangan langkah-demi langkah
|
c.
Berkembang, dan muncul dalam proses penelitian
|
2.
|
B.
Tujuan
|
B.
Tujuan
|
|
a.
Menunjukkan hubungan antar variable.
|
a.
Menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif
|
|
b.
Menguji teori
|
b.
Menemuan teori
|
|
c.
Mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif
|
c.
Menggambarkan realitas yang kompleks
|
|
d.
-
|
d.
Memperoleh pemahaman makna.
|
3.
|
C.
Teknik Pengumpulan Data
|
C.
Teknik Pengumpulan Data
|
|
a.
Kuesioner
|
a.
Participan observation
|
|
b.
Observasi dan wawancara terstruktur
|
b.
In depth interview
|
|
c.
-
|
c.
dokumentasi
|
|
d.
-
|
d.
triangulasi
|
4.
|
D.
Instrumen Penelitian
|
D.
Instrumen Penelitian
|
|
a.
Tes, angket, wawancara terstruktur
|
a.
Peneliti sebagai instrument (human instrument)
|
|
b.
Instrumen yang telah berstandar
|
b.
Buku catatan, tape recorder, camera, handycam dan lain-lain.
|
5.
|
E.
Data
|
E.
Data
|
|
a.
Kuantitatif
|
a.
Deskriptif kualitatif
|
|
b.
Hasil pengukuran variable yang diopersionalkan dengan
menggunakan instrumen
|
b.
Dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan tindakan
responden, dokumen dal lain-lain.
|
6.
|
F.
Sampel
|
F.
Sampel
|
|
a.
Besar
|
a.
Kecil
|
|
b.
Representatif
|
b.
Tidak representative
|
|
c.
Sedapat mungkin random
|
c.
Purposive, snowball
|
|
d.
Ditentukan sejak awal
|
d.
Berkembang selama proses penelitian
|
7.
|
G.
Analisis
|
G.
Analisis
|
|
a.
Setelah selesai pengumpulan data
|
a.
Terus-menerus sejak awal hingga akhir penelitian
|
|
b.
deduktif
|
b.
Induktif
|
|
c.
Menggunakan statistic untuk menguji hipotesis
|
c.
Mencari pola, model, thema, teori.
|
8.
|
H.
Hubungan dengan Responden
|
H.
Hubungan dengan Responden
|
|
a.
Dibuat berjarak, bahkan sering tanpa kontak supaya
obyektif.
|
a.
Empati, akrab supaya memperoleh pemahaman yang
mendalam.
|
|
b.
Kedudukan peneliti lebih tinggi dari responden
|
b.
Kedudukan sama bahkan sebagi guru, konsultan
|
|
c.
Jangka pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan
|
c.
Jangka lama, sampai datanya jenuh, dapat ditemukan hipotesis
atau teori
|
9.
|
I.
Usulan Desain
|
I.
Usulan Desain
|
|
a.
Luas dan rinci
|
a.
Singkat, umum bersifat sementara.
|
|
b.
Literatur yang berhubungan dengan masalah, dan variable
yang diteliti.
|
b.
Literatur yang digunakan bersifat sementara, tidak
menjadi pegangan utama
|
|
c.
Prosedur yang spesifik dan rinci langkah-langkahnya.
|
c.
Prosedur bersifat umum, seperti akan merencanakan tour
/ piknik.
|
|
d.
Masalah dirumuskan dengan spesifik dan jelas.
|
d.
Masalah bersifat sementara dan akan ditemukan setelah
studi pendahuluan
|
|
e.
Hipotesis dirumuskan dengan jelas
|
e.
Tidak dirumuskan hipotesis, karena justru akan
menemukan hipotesis.
|
|
f.
Ditulis secara rinci dan jelas sebelum terjun ke
lapangan
|
f.
Focus penelitian ditetapkan setelah diperoleh data awal
dari lapangan.
|
10.
|
J.
Kapan Penelitian dianggap selesai ?
|
J.
Kapan Penelitian dianggap selesai ?
|
|
Setelah
semua kegiatan yang direncanakan dapat diselesaikan.
|
Setelah
tidak ada data yang dianggap baru / jenuh.
|
11.
|
K.
Kepercayaan thd hasil penelitian
|
K.
Kepercayaan thd hasil penelitian
|
|
Pengujian
validitas dan realibilitas instrumen
|
Pengujian
kredibilitas, depenabilitas, proses dan hasil penelitian
|
Sumber: Sugiyono, Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan RD, Alfabeta, Bandung, 2011, h. 14-16.
0 komentar:
Posting Komentar