Selasa, 03 April 2012

Materi 5 PIP, Rumusan Ilmu Pemerintahan




Materi 5

Renungan:
1.       Dua hal yang tidak disenangi oleh anak keturunan Adam: Pertama kematian, padahal kematian lebih baik dari pada fitnah, kedua sedikit harta, padahal sedikit harta meringankan hisap;
2.       Rasulullah Saw, bersabda kepada Abdullah bin Umar: “Jadilah kamu di dunia ini seakan kamu seperti orang asing atau orang yang menyeberang jalan. Dan siapkan dirimu masuk kedalam golongan penghuni kubur”. Beliau juga bersabda kepada saya: “Wahai Anak Umar, jika dating waktu pagi jangan tunda membicarakan dirimu sampai sore, jika dating waktu sore jangan tunda membicarakan dirimu sampai dating pagi. Ambil (gunakan) dari sehatmu sebelum datang sakitmu, dan dari hidupmu sebelum datang matimu hai Abdullah apakah sebutan besok”. (HR. Bukhari, Baihaqi, dan lainnya).

RUMUSAN ILMU PEMERINTAHAN
1.       Menurut U. Rosenthal:
Ilmu Pemerintahan sebagai ilmu yang secara otonom mempelajari bekerjanya struktur-struktur dan proses-proses pemerintahan umum, baik secara internal maupun eksternal.
Pemerintahan umum adalah keseluruhan struktur dan proses-proses yang melibatkan kebijaksanaan dan keputusan yang bersifat mengikat untuk dan atas nama kehidupan bersama.

Sumber: Muhadam Labolo, dkk, Beberapa pandangan dasar tentang Ilmu Pemerintahan, Bayu Media Publishing, Malang, 2008, h. 9.
Rosenthal U.; Schendelen, M.P.C.M. van; Ringeling, H.B. Openbaar Bestuur: Alphen aan de Rijn, 1953.

2.       Menurut Braasz:
Ilmu Pemerintahan sebagai Ilmu yang mempelajari cara bagaimana lembaga-le,mbaga pemerintahan umum disusun dan difungsikan terhadap warga Negara, baik secara internal maupun secara eksternal.

Sumber: Muhadam Labolo, dkk, Beberapa pandangan dasar tentang Ilmu Pemerintahan, Bayu Media Publishing, Malang, 2008, h. 9.
Braasz, H.A, cs. Inleiding tot de Bestuurswetenscchap: De Haag, 1978.

3.       Menurut Muhadan Labolo, dkk:
Ilmu   dapat dilihat dari dua penedekatan:
a.       Pendekatan Fungsional, yang mempelajari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan.
Ini menghasilkan pemahaman tentang memerintah.
b.      Pendekatan Struktural,  yang menelaah lembaga-lembaga dan orang-orang  yang melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut.
Pendekatan ini menghasilkan pemahaman tentang pemerintah.

Sumber: Muhadam Labolo, dkk, Beberapa pandangan dasar tentang Ilmu Pemerintahan, Bayu Media Publishing, Malang, 2008, h.10.

0 komentar:

Posting Komentar