Rabu, 04 April 2012

Materi 15 Etika & Filsafat Kepemimpinan, Gaya Kepemimpinan





MATERI  15


Renungan:

Masuk Dengan Mendahulukan Kaki Kanan.

Ini termasuk petunjuk Rasulullah Saw, karena beliau suka mendahulukan sebelah kanan dalam segala urusan termasuk petunjuk Nabi Saw, kecuali dalam perkara-perkara yang jelek dan sejenisnya. ‘Aisyah ra, berkata: “Nabi Saw, suka mendahulukan yang sebelah kanan ketika memakai sandal, berhias, bersuci dan dalam seluruh urusan beliau”.

GAYA KEPEMIMPINAN

Gaya artinya sikap, gerak, tingkah laku, sikap yang elok, gerak gerik yang bagus, kekuatan, kesanggupan untuk berbuat baik.

Gaya kepemimpinan adalah sekumpulan cirri yang digunakan pemimpin untuk mempengaruhi bawahan agar sasaran tercapai atau;

Gaya  kepemimpinan adalah pola perilaku dan strategi yang disukai dan sering diterapkan seorang pemimpin.

Gaya kepemimpinan adalah pola menyeluruh dari tindakan seorang pemimpin,  yang tampak dan yang tidak tampak oleh bawahannya.

Gaya kepemimpinan menggambarkan kombinasi yang konsisten dari falsafah, ketrampilan, sifat, dan sikap yang mendasari perilaku seseorang.

Gaya kepemimpinan yang menunjukkan secara langsung maupun tidak langsung, tentang keyakinan pimpinan terhadap kemampuan bawahannya.

Artinya, gaya kepemimpinan adalah perilaku dan strategi, sebagai hasil kombinasi dari falsafah, ketrampilan sifat, sikap, yang sering diterapkan pemimpinan ketika mencoba memengaruhi kinerja bawahannya.

Gaya kepemimpinan yang paling tepat adalah gaya yang dapat memaksimalkan produktivitas, kepuasan kerja, pertumbuhan, dan mudah menyesuaikan produktivitas, kepuasan kerja, pertumbuhan, dan mudah menyesuaikan dengan segala situasi.

Gaya kepemimpinan merupakan dasar dalam mengklasifikasikan tipe kepemimpinan.

Gaya kepemimpinan memiliki tiga pola dasar yaitu:
a.       Mementingkan pelaksanaan tugas;
b.      Mementingkan hubungan kerjasama;
c.       Mementingkan hasil yang dicapai.
   
Sumber:
Sedarmayanti, Reformasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan, Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan Yang Baik, Refika Aditama, Bandung, 2009, hlm.131 - 132.

0 komentar:

Posting Komentar