Kamis, 05 April 2012

Materi 10 Sem Kom Kep 2 Definisi Operasional


Materi 10.
Bahan Kuliah Seminar Kompetensi Kepemimpinan 2
Pendekatan Metodologi Penelitian


Definisi operasional

Setelah variable-variabel diidentifikasikan dan diklasifikasikan, maka variable-variabel tersebut tersebut perlu diidefinisikan secara operasional.

1.            Definisi operasional adalah definisi yang didasarkan atas sifat-sifat hal yang didefinisikan yang dapat diamati (observasi). (Sumadi Suryabrata, 1983, h.29).
2.            Definisi operasional  adalah suatu definisi yang diberikan kepada suatu variable atau konstrak dengan cara memberikan arti, atau menspesifikasi kegiatan, atau memberikan suatu operasional yang diperlukan untuk  mengukur konstrak atau variable tersebut. (Moh. Nazir, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1983, h.152).

Kesimpulan 1:
Definisi operasional adalah definisi yang didasarkan atas sifat-sifat hal yang didefinisikan yang dapat diamati (observasi), pada variable atau konstrak dengan cara member arti, atau menspesifikasi kegiatan, atau memberikan suatu operasional yang diperlukan untuk mengukur konstrak atau variable yang akan diteliti. (sugeng rusmiwari, oktober 2011, A).

Daftar Pustaka:
1.            Moh. Nazir, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1983.
2.            Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1983.



0 komentar:

Posting Komentar