Rabu, 11 April 2012

Materi 24, SKK, Masalah Dalam Riset




Materi 24.
Bahan Kuliah Seminar Kompetensi Kepemimpinan 2
Pendekatan Metodologi Penelitian

MASALAH DALAM RISET

Pat dimaknai sebagai sebuah proses pencarian jawaban atas sebuah masalah (social) dengan menggunakan metode ilmiah. Definisi tersebut menyiratkan makna bahwa proses penelitian diawali dari adanya masalah (problem). Lalu apa itu masalah ?

Masalah merupakan fenomena atau gejala (social) yang tidak dikehendaki keberadaannya atau tidak seharusnya terjadi, fenomena atau gejala yang mengandung pertanyaan dan perlu jawaban.

Masalah juga merupakan hubungan dua factor atau lebih yang menghasilkan situasi yang membingungkan.
Suatau gejala social dianggap sebagai suatu masalah bila terdapat ketidaksesuaian antara kondisi (das sollen / kondisi ideal, kondisi yang seharusnya terjadi) dan (das sein / kondisi yang terjadi).

Artinya,  ada ketidak sesuaian dengan kondisi yang seharusnya terjadi dengan kondisi yang terjadi dalam masyarakat.

Sebagai contoh:
Laki-laki dan perempuan seharusnya memiliki prestasi belajar yang sama (kondisi das sollen), namun ada sebuah data yang menunjukkan bahwa perempuan ternyata memiliki nilai ujian yang lebih tinggi dari pada laki-laki;

Atau perempuan ternyata memiliki prestasi belajar yang lebih baik dari pada laki-laki (kondisi das sein).
Dari pengamatan tersebut dapat diperoleh suatu masalah sosial, yaitu mengapa permpuan lebih berprestasi dari pada laki-laki ?

Sumber:
Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif, Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010, hlm. 25-26.
   

0 komentar:

Posting Komentar