Minggu, 08 April 2012

Materi 15 Etika & Fils Kepemimpinan, Kepemimpinan Sebagai Seni dan Ilmu





MATERI  15


Bahan Kuliah Etika dan Fils. Kepemimpinan

Renungan:
1.       Dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, Dan sesungguhnya merugilah orang-orang yang mengotorinya.  (QS. Al-Syams [91], 7-10).
2.       Dari Abdullah bin Umar ra. bahwa  Rasulullah Saw, bersabda “sungguhnya salah seorang di antara kalian jika  mati diperlihatkan di depannya tempatnya (di surge atau di neraka) pad pagi dan petang hari. Jika orang yang diperlihatkan itu termasuk penduduk surge maka termasuk penduduk surge maka termasuk penduduk surge, dan jika yang diperlihatkan itu termasuk penduduk neraka dikatakan padanya: ”ni adalah tempatnya sehingga Allah membangkitkanmu pada hari kiamat” (Muttafaq Alaih / Al Lu’lu’ wal Marjan: 1822).


Sugeng Rusmiwari
081 334 995 112
KEPEMIMPIN SEBAGI SENI DAN ILMU
1.      Kepemimpinan sebagai seni.
Kepemimpinan sebagai seni, mendapatkan bakat sebagai faktor penting dan berpengaruh besar terhadap kemampuan mewujudkannya, artinya kepemimpinan akan efektif dan efisien bila di tangan orang-orang yang berkualitas, bakatnya besar, dan tinggi;
2.      Kepemimpinan sebagai ilmu
Kepemimpinan sebagai ilmu lebih menitik beratkan pada proses belajar dan latihan, artinya kepemimpinan akan efektif dan efisien, bilamana di tangan orang yang terampil / terlatih dan ahli dalam memimpin. Kemampuan itu dapat diperoleh melalui proses belajar dan melatih diri secara intensif.
Sumber:
Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Rajawali Pers, Jakarta, 2009, h. 29.

0 komentar:

Posting Komentar