Minggu, 08 April 2012

Materi 8 PIP, Sasaran Ilmu Pemerintahan






Materi 8


Renungan:
1.       Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu, karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu Mengetahui . (Al-Baqarah [2] ayat 22);
2.       Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi Saw, beliau bersabda “Hari Kiamat tidak akan terjadi sehingga para Dajjal pendusta diutus, jumlah mereka mendekati tiga puluh, semuanya mengaku Rasulullah”. (Muttaq Alaih / Al Lu’lu’ wal Marjan, 1850);  

SASARAN ILMU PEMERINTAHAN
1.       Subjek matter yaitu yang menjadi subjek, atau focus of interest yaitu pusat perhatin, attie of mind, yaitu corak pikiran, atau selective interst yaitu perhatian terpilih, atau onderwerp, yaitu pokok-pokok hal.
2.       Pemerintah dalam arti seluas-luasnya, segala sesuatu tentang pemerintah atau pemerintahan, hal ihwal tentang pemerintah dan pemerintahan, pemerintah dalam kedaan diam dan dalam kedaan bergerak, secara ringkas segala sesuatu yang memaka bendera atau label pemerintah.
3.       Bersifak selalu berubah-ubah sesuai keadaan.
Sumber: Muhadam Labolo, dkk, Beberapa pandangan dasar tentang Ilmu Pemerintahan, Bayu Media Publishing, Malang, 2008, h. 112-113.


SASARAN ILMU POLITIK

Ilmu Politik mempelajari  assosiasi manusia yang berbentuk unit-unit politik, organisasi pemerintahannya dan aktivitas pemerintahan ini dalam pembuatan dan hukum dan dalam melaksanakan hubungan antar Negara. Ia menyelidiki hubungan antar manusia yang diatur oleh peraturan negara, hubungan antar individu atau kelompok dengan Negara sendiri, dan hubungan antar negara dengan negara lain.
Sumber: Muhadam Labolo, dkk, Beberapa pandangan dasar tentang Ilmu Pemerintahan, Bayu Media Publishing, Malang, 2008, h. 113-114.
 

0 komentar:

Posting Komentar