Selasa, 02 Oktober 2012

Fadilah Shalat Tahajud

Fadhilah Shalat Tahajud

Fadhilah utama shalat tahajud sebagaimana diutarakan dalam Al Qur'an adalah Maqam Mahmudah. Ini adalah derajat yang tinggi dan terpuji.

Fadhilah lain seperti diutarakan oleh seorang ulama yang bernama Atha' al-Kharasani adalah bisa menjadikan dada dan hati kita menjadi lapang dan bahagia.

Dalil Al Qur'an yang menyebutkan tentang fadhilah shalat tahajud diantaranya adalah:
1. Surat Al Isra: 79.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
Artinya:
"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji."


2. Surat As-Sajdah ayat 16.

تَتَجَافَى جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Artinya:
"Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang Kami berikan."


Sedangkan hadits yang menyatakan tentang fadhilah shalat tahajud adalah sebagai berikut.
1. Rasulullah SAW bersabda,
"Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makanan, hubungilah sanak kerabat, shalatlah di waktu malam di kala orang-orang sedang nyenyak tidur, pasti kamu semua akan masuk surga dengan selamat sejahtera."
(HR. Al Hakim, Ibnu Majah dan Tirmidzi).

2. Rasulullah SAW bersabda,
"Kerjakanlah shalat malam, sebab itu adalah kebiasaan orang-orang saleh sebelummu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, juga sebagai penebus kejahatan-kejahatan (dosa), pencegah dosa serta dapat menghindarkan dari penyakit."
(HR. Tirmidzi dan Ahmad).

0 komentar:

Posting Komentar