PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR (PBM)
ADMINISTRASI PERKANTORAN
(KEPEMIMPINAN –
MANAJEMEN ADMINISTRASI PERKANTORAN)
A. TUJUAN
Diharapkan mahasiswa mengetahui
proses belajar dan mengajar Administrasi Perkantoran, memahami langkah-langkah
belajar oleh mahasiswa dan mengajarnya dosen serta kegiatan-kegiatan yang
terkait dengan mata kuliah ini serta evaluasi yang akan dilaksanakan.
B. STRUKTUR BAHASAN
1. Pendahuluan
2. Kepemimpinan
- Manajemen Administrasi
3. Administrasi
Sebagai Ilmu dan Seni
4. Administrasi
dalam arti luas: Etika, Organisasi dan Good Organization / Governnace
5. Motivasi
Pemimpin dan Pengambilan Keputusan / Kebijakan
6. Tugas
Mandiri, Tugas Kelompok,
7. Diskusi
Kelompok, Diskusi Kelas,Ujian Tengah Semester (UTS)
8. Administrasi
dalam arti sempit:
9. Memproses
Surat: Memutuskan Kop Surat, Keputusan, Penugasan, Keterangan, Pengantar,
Resmi, dll.
10. Rapat:
Menyiapkan Rapat, Memimpin Rapat, Notula Rapat, dll
11. Menilai
Pegawai: Menilai Kinerja Pegawai, DP-3.
12. Pelayanan
Prima / Publik
13. Ujian
Akhir Semester (UAS) Produk
Mau dibawa kemana kamu ?
- Leader-Pemimpin / Bangsa / Organisasi ?
- Manajer / Manager / Organisasi
- Decision Maker ?
- Agent of change and development ?
- Aktor Publik Service / Public Servan ?
- Peneliti ?
- Motivator ?
- Dinamisator ?, dst.
- Administrator Publik.
C. PENDAHULUAN
Selamat Anda sebentar lagi akan berada di Kelas yang baru, yaitu
Kelas Administrasi Perkantoran.
Proses
Belajar dan Mengajar direncanakan akan berlangsung 13 kali pertemuan dengan
motode:
- Ceramah,
- Diskusi kelompok,
- Diskusi kelas,
- Tugas-tugas,
- Kuis,
- Ujian Tengah Semester
- Ujian Akhir Semester, dll
Proses Belajar dan Mengajar (PBM)
Dalam proses belajar oleh mahasiswa dan mengajar oleh
dosen Administrasi
Perkantoran secara tatap muka dilakukan dalam 13 (tiga
belas) kali pertemuan dengan metode seperti tersebut di atas.
Metode Ceramah.
Dilakukan oleh Dosen pada awal kuliah dan sesuai kebutuhan setelah
memperhatikan evaluasi proses belajar dan mengajar (PBM).
Metode Assistensi
Mahasiswa diberi kesempatan 30 menit pertama, sebelum dosen menyampaikan
materi untuk presentasi materi hari tersebut, diatur 15 menit presentasi, 15
menit untuk tanya jawab.
Diskusi Kelompok
Diberikan kesempatan pada mahasiswa untuk diskusi secara eksternal
(kelompok) ideal kurang lebih 8 orang mahasiswa tanpa kehadiran dosen, dan
kelompok wajib menyerahkan, hasil diskusi, presensi, serta produk konsep/teori
atau model yang dihasilkan.
Diskusi Kelas
Dilakukan secara terpilih oleh dosen dengan mengacu pada hasil evaluasi
kelompok yang masuk melalui Blogg atau
Email, dengan pertimbangan keadilan, keilmiahan, dan kompetensi, maksimal
tampil tiga kelompok.
Tugas-tugas / Praktikum
Tugas dilakukan secara kelompok dan mandiri. Tugas kelompok adalah hasil kerja
Kelompok, tugas mandiri adalah kompetensi diri untuk menunjang akuntabilitas
Administrator Publik sebagai Agent of change and development.
Ujian
Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS)
UTS disebut oleh dosen
pengampu ini adalah Evaluasi 1, dilakukan otonom dosen dan akan dipilih pada
pertemuan ke tujuh, kasus atau isu-isu evaluasi akan dilakukan secara
terprogram dari tugas 1 sampai dengan 5.
UAS yang juga saya sebut
Evaluasi 2, kuesioner atau isu evaluasi adalah hasil kumpulan tugas 6 sampai
dengan 10.
Semoga mahasiswa semuanya selalu mendapatkan hidayah
dari Alloh Swt, dan sukses selalu amien.
Ada masukan dari Mahasisw peserta mata kuliah ini ?
Buku
yang digunakan:
- Badri Munir Sukoco, 2002, Manajemen Administrasi Perkantoran Modern, Penerbit Erlangga, h. 3-4.
- Dst.
0 komentar:
Posting Komentar