Senin, 22 Oktober 2012

PBM Administrasi Perkantoran


PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR (PBM)
ADMINISTRASI PERKANTORAN
(KEPEMIMPINAN – MANAJEMEN ADMINISTRASI PERKANTORAN)

A.     TUJUAN
  Diharapkan mahasiswa mengetahui proses belajar dan mengajar Administrasi Perkantoran, memahami langkah-langkah belajar oleh mahasiswa dan mengajarnya dosen serta kegiatan-kegiatan yang terkait dengan mata kuliah ini serta evaluasi yang akan dilaksanakan.

B.    STRUKTUR BAHASAN
1.    Pendahuluan
2.    Kepemimpinan - Manajemen Administrasi
3.    Administrasi Sebagai Ilmu dan Seni
4.  Administrasi dalam arti luas: Etika, Organisasi dan Good Organization / Governnace
5.  Motivasi Pemimpin dan Pengambilan Keputusan / Kebijakan
6.  Tugas Mandiri, Tugas Kelompok,
7.  Diskusi Kelompok, Diskusi Kelas,Ujian Tengah Semester (UTS)
8.  Administrasi dalam arti sempit:
9.  Memproses Surat: Memutuskan Kop Surat, Keputusan, Penugasan, Keterangan, Pengantar, Resmi, dll.
10.    Rapat: Menyiapkan Rapat, Memimpin Rapat, Notula Rapat, dll
11.    Menilai Pegawai: Menilai Kinerja Pegawai, DP-3.
12.    Pelayanan Prima / Publik
13.    Ujian Akhir Semester (UAS) Produk

Mau dibawa kemana kamu ?
  1. Leader-Pemimpin / Bangsa / Organisasi ?
  2. Manajer / Manager / Organisasi
  3. Decision Maker ?
  4. Agent of change  and development ?
  5. Aktor Publik Service / Public Servan ?
  6. Peneliti ?
  7. Motivator ?
  8. Dinamisator ?, dst.
  9. Administrator Publik.

C.    PENDAHULUAN

Selamat Anda sebentar lagi akan berada di Kelas yang baru, yaitu
Kelas Administrasi Perkantoran.

Proses Belajar dan Mengajar direncanakan akan berlangsung 13 kali pertemuan dengan motode:
  1. Ceramah,
  2. Diskusi kelompok,
  3. Diskusi kelas,
  4. Tugas-tugas,
  5. Kuis,
  6. Ujian Tengah Semester
  7. Ujian Akhir Semester, dll

Proses Belajar dan Mengajar (PBM)
Dalam proses belajar oleh mahasiswa dan mengajar oleh dosen Administrasi
Perkantoran secara tatap muka dilakukan dalam 13 (tiga belas) kali pertemuan dengan metode seperti tersebut di atas.

Metode Ceramah.
Dilakukan oleh Dosen pada awal kuliah dan sesuai kebutuhan setelah memperhatikan evaluasi proses belajar dan mengajar (PBM).

Metode Assistensi
Mahasiswa diberi kesempatan 30 menit pertama, sebelum dosen menyampaikan materi untuk presentasi materi hari tersebut, diatur 15 menit presentasi, 15 menit untuk tanya jawab.

Diskusi Kelompok
Diberikan kesempatan pada mahasiswa untuk diskusi secara eksternal (kelompok) ideal kurang lebih 8 orang mahasiswa tanpa kehadiran dosen, dan kelompok wajib menyerahkan, hasil diskusi, presensi, serta produk konsep/teori atau model yang dihasilkan.

Diskusi Kelas
Dilakukan secara terpilih oleh dosen dengan mengacu pada hasil evaluasi kelompok  yang masuk melalui Blogg atau Email, dengan pertimbangan keadilan, keilmiahan, dan kompetensi, maksimal tampil tiga kelompok.

Tugas-tugas / Praktikum
Tugas dilakukan secara kelompok dan mandiri. Tugas kelompok adalah hasil kerja Kelompok, tugas mandiri adalah kompetensi diri untuk menunjang akuntabilitas Administrator Publik sebagai Agent of change and development.

Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS)
UTS disebut oleh dosen pengampu ini adalah Evaluasi 1, dilakukan otonom dosen dan akan dipilih pada pertemuan ke tujuh, kasus atau isu-isu evaluasi akan dilakukan secara terprogram dari tugas 1 sampai dengan 5.

UAS yang juga saya sebut Evaluasi 2, kuesioner atau isu evaluasi adalah hasil kumpulan tugas 6 sampai dengan 10.

Semoga mahasiswa semuanya selalu mendapatkan hidayah dari Alloh Swt, dan sukses selalu  amien.
Ada masukan dari Mahasisw peserta mata kuliah ini ?

Buku yang digunakan:
  1. Badri Munir Sukoco, 2002, Manajemen Administrasi Perkantoran Modern, Penerbit Erlangga, h. 3-4.
  2. Dst.

0 komentar:

Posting Komentar