Senin, 08 Oktober 2012

Pian 2, Anjar


PIAN 2.  
 
Administrasi pada akhirnya merupakan condotio sine quanon dalam pembangunan, apa yang terjadi bila dihubungkan dengan etika dan filsafat kepemimpinan serta kebijakan publik ? Anjar.

8 komentar:

  1. Administrasi pd akhirnya merupakan condotio sine quanon dlm pembangunan, apa yg terjadi bila dihubungkan dgn etika dan filsafat kepemimpinan serta kebijakan publik?

    - semua harus berjalan beriringan, pada dasarnya seorang pimpinan harus mempunyai etika kepemimpinan untuk memberikan kebijakan pd masyarakat ataupun pada bawahannya..
    jadi, kalau seorang punya etika kepemimpinan maka dia akan lebih menguasai kebijakan publik itu sendiri.

    Selain itu yang harus dilakukan seorang administrasi adalah menjaga rahasia pimpinan baik antara bawahan dg atasan, maupun dg teman kerja lainnya.

    BalasHapus
  2. Yang akan terjadi bila administrasi dihubungkan dgn filsafat kepemimpinan serta kebijakan publik adalah seorang leader/pemimpin mampu membedakan yg baik dan buruk dan bijaksana dlm pengambilan keputusan/kebijakan publik oleh karena didalamnya terdapat norma norma. Etika dan filsafat sangat diperlukan dlm pengambilan keputusan agar pengambilan keputusan yg dirumuskan dpt diterima oleh masyarakat.
    Kebijakan publik itu dpt diimlementasikan dan dievaluasi serta dpt dipertanggungjawabkan agar tercapai tujuan bersama

    ITUK RUDIANSYAH/CLASS ANJAR

    BalasHapus
  3. jika administrasi dihubungkan dengan filsafat kepemimpinan, seorang pemimpin yang memegang kendali harus bisa membedakan baik buruk dan bijaksana dalam mengambil keputusan sesuai dengan norma yang berlaku dan dapat diterima oleh masyarakat dan dapat dipertanggungjawabkan secara moral supaya tercapainya tujuan.

    BalasHapus
  4. Terbentuknya suatu tata nilai yang mengakomodir nilai kultural dan institusional yang berkembang serta nilai-nilai spiritual sehingga melahirkan sistem kebijakan Manajemen Administrasi Pembangunan yang menyentuh semua kepentingan publik.

    BalasHapus
  5. Seorang pemimpin harus mampu mengayomi seluruh stafnya, menginspirasi sehingga kemampuan mereka harus perlu dioptimalkan, menjauhkan kesenjangan antara pemimpin dengan anak buah/mitra kerja. Nilai nilai dan norma norma terus dapat terjaga didalam hubungan dengan bawahan. Setiap kebijakan yang akan diambil oleh seorang pemimpin dapat dipertanggung jawabkan kelak dikemudian hari.

    BalasHapus
  6. Administrasi merupakan Conditio Sine Quanon dalam proses pembangunan, sebagai konsekuensi dari pandangan bahwa administrasi Negara merupakan motor penggerak pembangunan, maka administrasi Negara membantu untuk meningkatkan kemampuan administrasi. Artinya, di samping memberikan ketrampilan dalam bidang prosedur, teknik, dan mekanik, administrasi akan memberikan bekal ilmiah mengenai bagaimana mengorganisasikan segala energi sosial dan melakukan evaluasi terhadap kegiatan. Dengan demikian, determinasi kebijaksanaan publik, baik dalam tahapan formulasi, implementasi, evaluasi, maupun terminasi, selalu dikaitkan dengan aspek produktifitas, kepraktisan, kearifan, ekonomi dan apresiasi terhadap sistem nilai yang berlaku.
    Jadi, fungsi administrasi jika dihubungkan dalam etika kepemimpinan dapat diartikan sebagai proses dalam pengambilan kebijakan, mulai dari perencanaan (planning), Pelaksanaan (implantation) dan evaluasi kegiatan (evaluation).
    Sedangkan administrasi jika dihubungkan dalam kebijakan publik dapat diartikan bahwa administrasi harus mampu menjadikan sebuah keputusan yang didasari dari responsifitas administrasi terhadap segala hal yang dibutuhkan masyarakat, sehingga kebijakan yang dibuat harus dapat menampung aspirasi masyarakat, kebijakan menjadi kebijakan yang populis yang diawali dari kebutuhan masyarakat, bukan hanya keputusan sepihak dari atas (top down).
    (Tri Anjar Wulansari 2011210066)

    BalasHapus
  7. Administrasi adalah sebagai proses suluruh kegiatan usaha bersama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dengan mengerahkan SDM dan didukung dengan sarana yang diperlukan. Administrasi bila dihubungkan dengan etika dan filsafat kepemimpinan serta kebijakan publik maka administrasi harus mempunyai norma-norma, kualitas yang baik dan berkompeten pada bidangnya supaya bisa memenuhi kebutuhan pimpinan dalam menjalankan organisasinya. Sehingga seorang pemimpin mudah untuk menemukan solusi yang baik atas keputusan yang diambil.
    Administrasi adalah sebagai bahan membuat keputusan, sebagai penyampai informasi dan merupakan pelayan publik bagi pimpinan.
    Administrasi yang mempunyai etika dan norma yang baik akan membawa pada kesuksesan seorang pemimpin.

    BalasHapus
  8. Administrasi merupakan Conditio Sine Quanon dalam proses pembangunan, sebagai konsekuensi dari pandangan bahwa administrasi Negara merupakan motor penggerak pembangunan, maka administrasi Negara membantu untuk meningkatkan kemampuan administrasi.
    Administrasi adalah sebagai bahan membuat keputusan, sebagai penyampai informasi dan merupakan pelayan publik bagi pimpinan.
    Administrasi yang mempunyai etika dan norma yang baik akan membawa pada kesuksesan seorang pemimpin.

    BalasHapus