Senin, 08 Oktober 2012

PIAN 1, Anjar

PIAN 1.  
 

Sebagai calon administrator publik, kompetensi apa yang sangat mendasar agar dapat berperan sebagai agent of change and development ? Anjar.


12 komentar:

  1. Assalamualaikum pak, selamat sore..

    sbgai calon administrator publik, kompetensi mendasar agar dapat berperan sbagai agent of change and development adalah...
    menguasai bidangnya/penguasaan materi, inovatif, memiliki analisis SWOT yg kuat, media literacy, wawasan akan ilmu yg digeluti saat ini dan public speaking yg baik.

    rudianto

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr. wb.
    Selamat Pagi
    Kompetensi yang harus dimiliki sebagai calon administrator atau pembawa agen of change and development adalah
    1. Expert Power atau daya keahlian/skill
    2. courship power atau daya memaksa
    3. Legitimate power atau daya sah/dipercaya
    4. Reward Power atau daya Penghargaan
    Dengan kemampuan tersebut seorang Leader akan mampu menjalankan POAC.

    ITUK RUDIANSYAH / CLASS ANJAR

    BalasHapus
  3. Saya mau menambahkan jawaban pada soal tersebut yang sama dengan bapak Ituk Rudiansyah,
    yaitu dengan didukung
    a. Expert power (daya keahlian)
    b. Courship power (daya memaksa)
    c. Legitimate power (daya sah) dan
    d. Reward power (daya penghargaan)

    BalasHapus
  4. kompetensi yang sangat mendasar agar dapat berperan sebagai agent of change and development yaitu...
    - Expert power (daya keahlian)
    - Courship power (daya memaksa)
    - Legitimate power (daya sah) dan
    - Reward power (daya penghargaan)

    BalasHapus
  5. Kompentensi mendasar agar dapat berperan sebagai agent of change and development adalah ;

    1. Kompetensi teknis ; kemampuan mengenai bidang tugas yang
    menjadi tugas pokok dan fungsi sebagai administrator
    publik.
    2. Kompetensi Manjerial ; Kemampuan dalam menangani bidang
    tugasnya.
    3. Kompetensi Sosial ; Kemampuan melakukan komunikasi yang
    dibutuhkan.
    4. Kompetensi Intelektual/ Stratejik ; Kemampuan untuk
    berfikir secara stratejik dengan Visi jauh kedepan.

    BalasHapus
  6. Secara utama kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang calon adminstrator publik ialah :
    Haruslah menguasai konsep dan teori tentang mendesain dan mengelola sektor publik.
    Mampu memformulasikan alternatif penyelesaian masalah prosedural terkait dengan efektivitas dan efisiensi organisasi dan manajemen sektor publik.
    Mampu merumuskan dan mengkomunikasikan alternatif solusi yang berada di luar kewenangannya kepada pmpinan.
    Menguasai metode dan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif untuk administrasi publik.
    Menguasai konsep dan teorika tentang etika dan integritas administrasi publik
    Sehingga secara umum seorang calon administrator publik dikatakan mampu berperan sebagai agent of change and development harus Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan spesialis dan mendalam di bidang-bidang tertentu, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural

    BalasHapus
  7. Sebagai calon adiminstrator public, harus memiliki kompetensi dasar agar dapat menjalankan perannya sebagai agent of change and development yaitu :
    1. Kompetensi dalam hal kepemimpinan
    Seorang administrator harus memiliki jiwa kepemimpinan untuk dapat mengatur, merencanakan dan mengevaluasi kegiatan administrasi.
    2. Kompetensi dalam hal kebijakan public
    Sebagai seorang administrator harus menguasai kebijakan public sebagai bentuk responsifitas administrator dalam hal pemenuhan public.
    3. Kompetensi dalam hal pelayanan public dan otoda
    Setelah menguasai kebijakan public, seorang administrator publik harus bisa mengimplementasikan kebijakan publik dalam pelayanan publik dan otonomi daerah, sehingga pembangunan (pelayanan publik) dapat berjalan sesuai dengan rencana dan dapat di evaluasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat
    4. Kompetensi dalam hal Politik
    Politik adalah salah satu sarana yang dapat digunakan dalam mencapai tujuan administrasi, baik dalam administrasi pembangunan maupun administrasi pelayanan publik.
    5. Kompetensi dalam hal Gender, HAM, dan pembangunan
    Selain 5 (lima) kompetensi dasar itu, seorang administrator publik yang ideal juga harus memiliki tehnical skills, human skills, conceptual skills dan responsif terhadap institusi-intitusi demokratis serta berorientasi pada hasil yang mampu mengembangkan jaringan kerja dan mampu melakukan komunikasi dan menjaga keseimbangan antara keputusan dan kegiatan.

    BalasHapus
  8. Kompetensi yang mendasar bagi calon administrasi publik
    agar dapat berperan sebagai agent of change development
    antara lain :
    1. Membangun administrasi publik yang bermoral yaitu administrasi berperilaku yang baik berdasarkan pada aturan dan etika yang ada
    2. Membangun administrasi publik sosial yaitu administrasi publik yang tidak apatis terhadap apa yang terjadi pada lingkungan/masyarakat dan berempati pada yang dirasakan oleh masyarakat
    Administrasi publik yang berkompeten dituntut untuk dapat memproduksi dan memberikan barang dan jasa publik secara efisien dan efektif.

    BalasHapus
  9. assalamu'alaikum..bapak
    M.AGUS ROHMAN
    Mmenyimpulkan bahwa sebelum kita menjadi administator publik yang berkompetensi kita harus mengenal sistem adminstrasi sesuai dengan dasar-dasar dan memahami bidangnya terlebih dahulu, dan sebelum kita melayani kita harus menguasai materi secara luas dan sempit pada hakekatnya administator.yang harus kita pahamai ada 5 kompetensi:
    1.kompetensi kepemimpinan:
    seorang pemimpin dalam suatu organisasi atau pemerintahan harus benar-benar paham dengan sistem administrasi :
    a. playing
    b. organization
    c. actuating
    d.controlling
    2.kompentensi kebijakan publik
    menguasai dalam hal, obyektif, sistimatic, metodologi dan predistif.
    3. kompetensi pelayanan publik
    kita harus paham keinginan dan kebutuhan masyarakat dengan dukungan teknologi biar berjalan dengan sesuai rencana
    4. kompetensi dalam hal politik
    biar mencapai tujuan administrasi pembangunan dan pelayanan
    5. kompetensi gendor, HAM dan Pembangunan harus memiliki 5 item:
    a. Reward- daya penghargaan
    b. coersive
    c. legitmate
    d. exsport
    e. reverant

    BalasHapus
  10. bagus namun perlu didukung oleh sumber bacaan (dari pak sugeng r)

    BalasHapus
  11. Agar dapat menjalankan perannya sebagai agent of change and development saya harus :

    1.Punya jiwa Pemimpin.
    2.Menguasai kebijakan Publik
    3.Bisa menjalankan/mengimplementasikan kebijakan Publik dalam
    Pelayanan Prima dan Otonomi Daerah.
    4.Bisa Berpolitik.
    5.Bisa menjalankan Gender, Hak Asasi Manusia dan Pembangunan
    Nasional.
    6.Membentuk Jejaring Komunikasi yang kuat dan Fleksibel antar Komunitas.

    BalasHapus
  12. 1. Expert Power atau daya keahlian/skill
    2. courship power atau daya memaksa
    3. Legitimate power atau daya sah/dipercaya
    4. Reward Power atau daya Penghargaan

    BalasHapus